Pendampingan dan Permodalan Kredit bjb Mesra Bantu Pengembangan Usaha Warga

KUNINGAN – Dunia usaha saat ini tengah mengalami tantangan besar. Situasi pandemi COVID-19 membuat aktivitas ekonomi melemah, ditandai dengan menciutnya permintaan barang dan jasa. Namun demikian, memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) hiruk-pikuk kehidupan kembali terasa, roda perekonomian yang sempat berjalan lamban, perlahan-lahan melaju.

Dalam rangka mendorong percepatan laju perekonomian, bank bjb ikut berperan aktif dalam agenda percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dorongan tersebut diberikan melalui beragam bentuk upaya strategis, termasuk penerbitan kebijakan keringanan pinjaman serta edukasi dan pembiayaan bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Salah satu bentuk strategi penguatan usaha mikro itu dilakukan dalam wujud penyaluran Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra). Kredit tanpa agunan ini menjadi skema pembiayaan yang sangat relevan dan amat dibutuhkan UMKM khususnya menghadapi situasi penuh tantangan.

Kredit Mesra yang merupakan program kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini telah disalurkan kepada masyarakat di berbagai daerah di Jabar. Belum lama ini, bank bjb menyalurkan Kredit Mesra kepada masyarakat di Desa Sayana, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jabar.

Penyaluran kredit dilakukan kepada kelompok warga beranggotakan 8 orang di bawah binaan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Amal pada Jumat (24/7/2020). Jumlah total pembiayaan yang diserahkan mencapai Rp40 juta di mana masing-masing debitur memperoleh Rp5 juta).

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan penyaluran kredit ini merupakan wujud nyata komitmen bank bjb dalam mendorong kesejahteraan perekonomian warga. Diharapkan dengan stimulasi permodalan ini para penerima manfaat dapat mengembangkan skala usaha mereka.

“bank bjb akan terus mendorong upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program dan kebijakan yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Kami sangat berharap langkah yang telah dilakukan perusahaan melalui penyaluran Kredit Mesra ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat demi mewujudkan visi Jawa Barat Juara Lahir dan Batin,” kata Widi.

Keberadaan Kredit Mesra ini mendatangkan angin segar bagi warga yang menerima manfaat. Mereka nampak antusias mendapatkan akses permodalan yang selama ini didamba-dambakan. Modal yang diberikan, akan digunakan untuk keperluan pengembangan usaha, terutama menghadapi situasi AKB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan