Pencemaran Sungai Cipicung, Tanggung Jawab Pemprov Jabar

NGAMPRAH – Pencemaran aliran Sungai Cipicung di Kabupaten Bandung Barat oleh limbah air lindi atau air sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB, Apung Hadiat Purwoko, hal tersebut lantaran pengelolaan TPA Sarimukti berada di bawah naungan Balai Pengelolaan Sampah Regional (BPSR) Provinsi Jawa Barat.

”TPA Sarimukti itu kan dikelola oleh provinsi yaitu Balai Pengelolaan Sampah Regional (BPSR) Provinsi Jawa Barat. Jadi pencemarannya itu merupakan tanggung jawab Provinsi Jawa Barat,” kata Apung saat dihubungi, Senin (3/8).

Apung menjelaskan setelah muncul adanya aliran cairan sampah dari TPA Sarimukti mengalir ke Sungai Cipicung yang letaknya tak jauh dari lokasi TPA Sarimukti, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak BPSR Provinsi Jawa Barat.

”Jadi BPSR sudah mengakui ada pencemaran. Rencanya akan dilakukan penyempurnaan IPAL karena kapasitas IPAL-nya itu sudah tidak bisa menampung air lindi dan ada faktor peningkatan sampah dari Bandung Raya,” jelasnya

Apung mengklaim pencemaran aliran Sungai Cipicung oleh air lindi baru terjadi kali ini saja. ”Baru pertama kali sebelumnya tidak masalah, karena volume sampah meningkat dan IPAL-nya juga kurang maksimal,” tegasnya.

Sebelumnya Walhi Jawa Barat yang berkerja sama dengan laboratorium Pusat Unggulan Lingkungan dan Ilmu Keberlanjutan (PULIK) Universitas Padjajaran (Unpad) menguji dua sampel air yang terkena limbah cairan sampah TPA Sarimukti.

”Sample air yang dimaksud itu berasal dari Sungai Cipicung yang terkena dampak buangan air lindi TPA Sarimukti. Sedangkan sample kedua adalah air lindi yang keluar  dari pipa saluran pembuangan atau outlet unit instalasi pengolahan air limbah atau IPAL TPA Sarimukti dan digelontorkan langsung ke badan sungai,” ujar Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat, Meiky W Paedong.

Meiky mengatakan uji sampel tersebut dilakukan karena pihaknya menduga ada zat yang berbahaya dari cairan limbah sampah dari aliran TPA Sarimukti tersebut.

”Walaupun secara visual kedua sampel terlihat hitam yang menandakan kandungan padatan terlarut dan tidak terlarutnya tinggi. Tapi kami ingin lebih memastikan zat apa saja yang ada di dalam air tersebut. Oleh karena itu perlu ada uji laboratorium,” pungkasnya. (mg6/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan