Pemudik Mulai Berdatangan, Pengawasan Check Point Diperketat

PADALARANG – Sepekan lebih pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bandung Barat (KBB), pemudik dari luar daerah mulai masuk ke wilayah KBB.

Petugas dari Dinas Perhubungan KBB serta pihak kepolisian akhirnya memperketat pengawasan dan pemeriksaan di check point, terutama yang berada di wilayah perbatasan seperti di Kecamatan Cipatat.

Kepala Dinas Perhubungan KBB, Ade Komarudin, mengatakan untuk pengendara yang kedapatan akan mudik terpaksa diminta untuk memutar balik kendaraannya.

“Para pemudik ini diketahui berasal dari daerah zona merah seperti Jakarta, tapi ada juga yang dari Cianjur, Sukabumi, atau Karawang. Dengan sangat terpaksa kita minta putar balik, untuk kembali ke daerah kedatangan mereka,”  ujar Ade Komarudin, Jumat (1/5).

Pemudik yang terjaring pemeriksaan dan pendataan, terkadang mengeluarkan berbagai alasan agar bisa dipersilakan lewat setelah diperiksa.

“Para pemudik yang dilakukan pemeriksaan ada yang berdalih kepulangannya ke kampung halaman bukan untuk mudik, ada juga yang berasalan hanya untuk melihat rumahnya, tetap saja semua kita pulangkan lagi,” bebernya.

Pihaknya juga tetap tidak mengizinkan pengendara dengan tujuan daerah priangan timur, seperti Garut dan Tasikmalaya itu untuk melanjutkan perjalanan meskipun hanya melintas.

“Tetap tidak kami izinkan memasuki wilayah Bandung Barat meskipun hanya melintas. Antisipasi mereka berbohong dan justru belok ke daerah di KBB,” jelasnya.

Pihaknya terus mengantisipasi pendatang yang menggunakan roda dua maupun roda empat, baik yang datang maupun yang melintas di Kabupaten Bandung Barat.

“Kalau kedapatan melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Pemkab Bandung Barat terkait PSBB, kita tetap suruh putar balik,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan