oleh

Pemprov Jabar Peringati Satu Dekade Angklung Mendunia

BANDUNG – Dalam rangka memperingatan 10 tahun ditetapkannya angklung menjadi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, Dinas Pariwisata dan Budaya(Disparbud) Jawa Barat akan menggelar acara “Satu Dekade Angklung Mendunia”

Gelaran acara akan dilaksanakan virtual dan ditayangkan pada tanggal 28 & 29 November 2020 di beberapa stasiun televisi lokal dan kanal youtube Disparbud Jabar dan Humas Jabar.

Kadisparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan, bahwa satu dekade angklung mendunia diselenggarakan sebagai bentuk kebanggaan atas pengakuan dunia terhadap karya budaya Jawa Barat.

’’Ini sebagai momentum untuk memotivasi kita semua agar dapat lebih meningkatkan berbagai giat pelindungan karya-karya budaya lainnya,’’kata Dedi dalam keterangan rilisnya kepada Jabar Ekspres, Jumat (27/11)

Dia menuturkan, meski di gelar pada masa pandemi dan berbagai keterbatasan acara inididukung penuh dan mendapat apresiasi oleh Gubenur Jabar Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, sudah satu dekade angklung menjadi Warisan Budaya Dunia dan angklung telah menjadi bagian dari masyarakat Jawa Barat.

’’Angklung bukan hanya merupakan alat musik semata, namun angklung memiliki makna filosofis yang mendalam bagi masyarakat Jawa Barat,’’kata dia.

Pria yang akrap disapa Kang Emil itu menuturkan, permainan angklung mengajarkan kita sebuah pemahaman akan nilai dan sikap budaya masyarakat Jawa Barat yang saling menghormati, saling menghargai dan mampu menjalankan perannya masing-masing sehingga menghasilkan sebuah kekuatan budaya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.