Pemkot Tasik Agendakan KBM Tatap Muka Awal 2021

TASIK – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya belum berani mengizinkan sekolah untuk menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Kasus Covid-19 yang masih terus bertambah menjadi alasan utama KBM tatap muka belum bisa dilakukan.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, pihaknya masih akan melakukan evaluasi kebijakan untuk KBM tatap muka. Ia juga telah meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasik untuk terus memantau perkembangan kasus untuk bisa menggelar KBM tatap muka.

Namun, ia tak mau mengambil risiko jika kasus Covid-19 masih terus meningkat. “Sekarang (Covid-19) masih tinggi, masih naik. Kalau dua minggi tak ada kasus, baru bisa dipertimbangkan. Tapi kalau saya rasa, paling aman (KBM tatap muka baru dilakukan) awal tahun,” katanya, Selasa (20/10) sore kepada Radar Tasikmalaya (Radar Garut Group).

Menurut dia, pertimbangan utama KBM tatap muka baru dapat dilakukan pada awal tahun 2021, dimana pada saat itu, kemungkinan vaksin Covid-19 sudah diberikan kepada masyarakat.

Artinya, tegas dia yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Kota Tasik, anak-anak sekolah dapat divaksin terlebih dahulu agar kebal virus korona. Apalagi, lanjut dia, tak ada keharusan pemerintah harus terburu-buru untuk mengizinkan sekolah menggelar tatap muka.

Sebab, menurut dia, hingga saat ini belum banyak daerah di Jabar yang mengizinkan sekolah menggelar KBM tatap muka. Budi menambahkan, hingga saat ini tak ada masalah berarti untuk melakukan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sebab, pemerintah sudah banyak memfasilitasi para guru dan siswa dalam melakukan PJJ. “Pulsa diberikan oleh pemerintah. Guru juga diberikan pelatihan untuk belajar daring. Jadi saya rasa sementara ini daring tak ada masalah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tasik, Budiaman Sanusi mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah akan mengizinkan sekolah menggelar KBM tatap muka secara terbatas sejak beberapa bulan lalu.

Segala persiapan sudah dilakukan. Apalagi, lanjut dia, ketika itu status Kota Tasikmalaya sudah masuk ke dalam zona kuning. “Kita sudah melakukan persiapan dan beberapa sekolah sudah mengajukan. Tinggal assessment ke lapangan oleh gugus tugas untuk menentukan kelayakan sekolah, dari segi fasilitas dan sebagainya,” tuturnya. (rezza rizaldi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan