Pemkab Bandung Jajaki Kerjasama Dengan Wufeng University

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Wufeng University guna menggali potensi pengiriman tenaga kerja terlatih ke Taiwan. Selain itu, kerjasama tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM Kabupaten Bandung.

Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan mengatakan, penjajakan tersebut sebenarnya merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan awal antara Bupati Bandung Dadang M. Naser dengan Stikom Bali dan Wufeng University Taiwan.

Kerjasama tersebut nantinya tidak hanya memungkinkan warga Kabupaten Bandung untuk mendapat kemudahan kuliah, tetapi juga magang dan bekerja di Taiwan,” ujarnya saat melakukan kunjungan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Manggajang, Kecamatan Baleendah bersama jajaran pimpinan Wufeng University, Kamis (9/1).

Menurut Gun Gun, kesempatan untuk bekerja di Taiwan saat ini sangat besar. Begitu juga peluang untuk menempuh pendidikan tinggi dan magang. Di Taiwan, kata Gun Gun, lapangan kerja yang tersedia pun cukup menjanjikan dalam hal penghasilan.

”Kalau tidak salah minimal Rp 11 juta per bulan,” ucapnya.

Terkait kunjungan ke BLK itu sendiri, Gun Gun melansir bahwa pihaknya bisa bekerja sama dengan Wufeng University untuk meningkatkan kualitas SDM calon tenaga kerja Kabupaten Bandung.

Opsi teknisnya adalah Pemkab Bandung melalui Disnaker melatih tenaga kerja di BLK tersebut kemudian mengirim mereka ke Taiwan untuk magang atau Wufeng University mendatangkan instruktur untuk melatih tenaga kerja Kabupaten Bandung di BLK Manggahang.

Sementara itu Wakil Rektor Wufeng University Li Tien-Hsin mengatakan, untuk fasilitas yang baru dibangun dan berjalan beberapa tahun, BLK Manggahang memiliki dasar yang sudah sangat baik.

”Saya yakin rencana pengembangan ke depan di BLK ini juga sudah disiapkan dengan baik,” ujarnya.

Keberadaan BLK tersebut, kata Li, merupakan modal dan kesempatan besar bagi masyarakat Kabupaten Bandung untuk terus meningkatkan keterampilan mereka sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Bahkan jika serius, ia yakin para lulusan BLK tersebut nantinya akan bisa berinovasi dan membuka lapangan kerja sendiri lewat wirausaha.

Terkait potensi kerjasama, Li menegaskan bahwa pihaknya sangat berharap Pemkab Bandung segera melakukan kunjungan balasan ke Taiwan dalam rangka pembicaraan lebih lanjut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan