Pastikan Siswa Miskin Dapat Bantuan

BANDUNG – Pemkot Bandung memastikan siswa kurang mampu alias miskin mendapatkan bantuan. Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) atau miskin itu khususnya untuk SMA/SMK dipastikan akan memperoleh bantuan pendidikan.

“Bantuan untuk siswa RMP SMA sudah bisa dilaksanakan. Kita sudah bertemu dengan Kadisdik Jabar dan sudah tidak ada masalah,” kata Oded, Kamis (6/8).

Oded mengaku, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan DPRD Kota Bandung, DPRD Jawa Barat (Jabar) dan Dinas Pendidikan Jabar.

Hasil koordinasi tersebut, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 33,7 miliar untuk siswa RMP SMA/SMK negeri dan swasta.

Berdasarkan nilai tersebut, Pemkot Bandung akan memberikan bantuan sebesar Rp 2 juta per tahun kepada 4.588 siswa SMA dan 1.2287 siswa SMK.

Oded melanjutkan, perlu ada pembicaraan lebih lanjut dengan Disdik Jabar karena kewenangan pengelolaan SMA dan SMK berada di Pemerintah Provinsi Jabar.

“Nanti polanya anggarannya dititipkan di provinsi, karena SMA dan SMK itu kewenangan di provinsi. Nanti kita yang menyuplai bantuannya,” pungkas Oded.

Sebelumnya, Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kota Bandung Risman Al Isnaeni, menyampaikan anggaran siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) 2019 baru terealisasi 50 persen.

“Alhamdulillah, 50 persen di Juli 2020 kemaren sudah direalisasikan, anggaran untuk siswa RMP itu sudah disalurkan,” kata Risman kepada Wartawan, di Balaikota Bandung, Rabu(5/8).

Risman mengatakan anggaran RMP ini selain meliputi siswa SD dan SMP (negeri dan swasta) juga meliputi SMA dan SMK (negeri dan swasta) termasuk mahasiswa RMP yang sedang kuliah di Perguruan Tinggi.

“Jadi untuk SMA dan SMK meskipun kewenangannya bukan di Disdik Kota Bandung, tapi mereka berasal dari Kota Bandung termasuk mahasiswa/i RMP yang sedang kulian di perguruan tinggi,”kata Dia.

Anggaran RMP yang dicairkan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui Disdik, sambung Risma, merupakan anggaran RMP tahun 2019. Dengan jumlah siswa SD termasuk swasta yang berjumlah 7.000 siswa, SMP 10 ribu siswa, SMA dan SMK 16 ribu siswa dan 3.000 untuk mahasiswa. Dari jumlah tersebut, anggaran keseluruhan direalisasikan Rp112 miliar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan