Pasien Positif COVID-19 di RSHS Kebanyakan Diatas Usia 50 Tahun

BANDUNG – Direktur Perencanaan Organisasi dan Umum Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, M. Kamaruzzaman menyebut, saat ini Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang baru berjumlah 6 orang.

Sehingga total ODP di RSHS sampai hari ini berjumlah 321 orang. Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang baru hari ini berjumlah 4 orang sehingga total PDP sejak akhir Februari sampai hari ini berjumlah 100 orang.

“Total PDP yang dirawat hari ini berjumlah 47 orang, dari 47, 26 diantaranya masih menunggu swab, sedang yang sudah terkonfirmasi positif berjumlah 18 orang,” kata Kamaruzzaman ketika ditemui, Kamis (2/4).

Dia menjelaskan bahwa PDP yang baru positif, hari ini berjumlah 1 pasien, hingga total PDP konfirmasi positif yang masih dirawat berjumlah 18 orang.

Satu orang PDP negatif dan sudah sembuh dan diperbolehkan untuk pulang. Sedangkan PDP yang meninggal hari ini berjunkah 2 orang.

’’Total PDP meninggal sampai hari ini berjumlah 19 orang. Dari 19 PDP ini 11 orang yang terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Menurutnya, pasien yang terkonfirmasi positif ini kebanyakan adalah orang yang berada diatas usia 50 tahun dan memiliki penyakit penyerta atau penyakit kronis. berdasarkan data adalah hipertensi dan diabetes.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga dan melindungi orang tua kita dengan cara bagi mereka yang masih beraktifitas di luar apabila kembali ke rumah, untuk selalu menjaga jarak gunakan masker dan lindungilah mereka yang punya resiko tinggi termasuk orang tua kita,” imbaunya.

“Apabila tidak perlu sebaiknya tetap berada di rumah, dan apabila penting untuk bepergian, beraktifitas maka gunakanlah masker, lakukan physical distancing dan social distancing jauhi kerumunan dan selalu menjaga kesehatan dengan selalu mencuci tangan,” tambah dia. (mg1/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan