Pasca Lebaran Timnas U-19 Gelar Latihan Perdana

JAKARTA – Pasca lebaran idul fitri 1441, 40 dari 44 pemain Timnas Indonesia U-19 ikuti latihan virtual perdana, Rabu (27/1).

Menurut Asisten Pelatih Nova Arianto mengatakan, saat menggelar latihan perdana melalui virtual ada empat pemain yang tidak ikut latihan. Mereka sudah diberikan izin karena melaporkan kondisinya kurang fit. ”Ada empat pemain yang sakit jadi hanya 40 pemain yang ikut latihan hari ini,” katanya, Rabu siang.

Nova pun menyebutkan siapa saja nama empat pemain yang sakit tersebut, tetapi tak menjelaskan ihwal sakit apa saja. Mereka ialah Deka Muhammad, Andre Oktaviansyah, Rizky Muhammad Sudirman dan Alif Jaelani.

Dalam latihan kali ini, para pemain hanya berlatih selama 60 menit. Latihan ini merupakan kelanjutan dari program pekan lalu, sebelum libur lebaran. Latihan ini sendiri menjadi program perdana bagi Manajer Pelatih Shin Tae Yong di tengah pandemi Covid-19. Sebab, rencana pemusatan latihan mereka pada Maret lalu harus dibatalkan karena adanya pandemi ini.

Meski ditengah pandemic covid-19, Manajer Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae Yong tetap menjalankan program kerjanya. Dia tetap memberikan materi latihan untuk para pemain yang diproyeksikan ke Piala Dunia U-20 2021.

Menurutnya, ada 44 nama pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan tetapi dengan model virtual. Hal itu dilakukan, setelah pada Maret lalu rencana pemusatan batal digelar. PSSI kemudian melarang kegiatan sepak bola termasuk pemusatan latihan Timnas U-19 untuk mengantisipasi rantai penyebaran Covid-19.

”Pemain 44 orang sudah mengikuti latihan sebelum diliburkan sementara karena lebaran ini ya. Tetapi akan latihan lagi, setelah libur karena merayakan lebaran,” jelas Nova.

Nova menjelaskan, Pemain selama ramadan kemarin, mengikuti latihan pada malam hari. Besar kemungkinan, jadwal itu akan berubah mengingat perbedaan waktu dengan Korea Selatan, di mana tempat Shin Tae Yong saat ini tinggal selama masa covid.

”Latihan ini untuk menjaga kebugaran pemain dan materinya meliputi core training, weight training dan aerobic exercise. Intensitas latihan dari ringan, sedang dan akan masuk intensitas tinggi pada minggu depan,” pungkasnya.(jpnn/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan