Pandemi Hambat Pengentasan Pengangguran

CIMAHI – Upaya Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi untuk mengentaskan pengangguran tahun ini terganggu. Sebab, salah satu programnya seperti penempatan tenaga kerja terhenti sementara akibat Corona Virus Disease (Covid-19).

Berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, hingga Juli 2020 tercatat hanya ada 67 orang yang difasilitasi program tersebut. Sedangkan tahun 2019 ada 2.449 orang dan tahun 2018 ada 627 orang.

”Sangat terhambat. Kita sedang berupaya lagi mudah-mudahan kondisi pandemi ini segera berakhir,” kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Uce Herdiana, Selasa (28/7).

Padahal, program penempatan kerja menjadi salah satu upaya agar orang yang mendapat fasilitas tersebut bisa mendapat pekerjaan nantinya. Penempatan kerja merupakan orang yang mendapat pelatihan, magang hingga ditempatkan diperusahaan.

”Untuk tahun 2020 karena Covid kita stop dulu sementara,” ujarnya.

Dengan dihentikannya program tenaga kerja ini, maka pengentasan pengangguran tahun ini otomatis terganggu. Bahkan, bukan menurun tapi bertambah seiring banyaknya pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga dirumahkan karena dampak Covid-19.

Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi tahun 2019, jumlah pengangguran mencapai 23.584 orang atau sekitar 8 persen dari total populasi penduduk Kota Cimahi yang mencapai 553.755 orang.

Jumlah tersebut ditambah dengan data tahun 2020 setelah adanya Covid-19. Tercatat ada 147 orang warga Kota Cimahi yang terkena PHK dan 984 orang yang dirumahkan.

”Kita upayakan terus, seperti kerja sama dengan BLK untuk pelatihan,” ucap Uce.

Untuk saat ini, diakui Uce peluang kerja semakin sulit sebab perusahaan memang terdampak Covid-19. Untuk itu, kata dia, fokus pihaknya adalah meningkatkan kompetensi pekerja lokal sehingga apabila ada peluang bisa bersaing dengan pekerja lainnya.(mg3/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan