Pandemi COVID-19, Jadi Mimpi Buruk Nasib Penyedia Jasa Transportasi

BANDUNG – Suasana Terminal Lewi Panjang begitu tampak sepi sejak diberlakukan larang mudik di tengah pandemi Covid – 19.

Akibatnya, banyak bus-bus antar kota di dua terminal Cicaheum dan Leuwipanjang tidak mengoperasikan kendaraannya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat mengatakan, hingga saat ini pergerakan arus pemudik di terminal sangat sepi, bahkan mengalami penurunan dratis dari kondisi normal.

Dia mengatakan, bus antar kota yang memberangkatkan penumpang hanya jurusan Bandung-Bekasi. Itupun penumpangnya dibatasi.

Dia mengaku, para sopir banyak yang mengeluhkan kondisi tersebut. Sebab, disatu sisi mereka butuh penghasilan, disisi lain kebijakan pemerintah di tengah larangan mudik selama pandemic Covid-19 ini.

’’Kami sama-sama prihatin dan bingung juga, kasian melihat nasib para sopir dan kondekturnya yang kebanyakan menganggur,’’tutur Asep ketika ditemui Jabar Ekspres, Senin, (25/5).

Asep menambahkan, dalam kondisi normal sekali penumpang yang memanfaatkan jasa Terminal Leuwipanjang mencapai 2.500-3.000 lebih penumpang.

Sedangkan sejak wabah covid-19 merebak hanya di bilang Nol tidak ada sama sekali mudik di Terminal Lewipanjang.

Lebih lanjut Asep menambahkan, meski mendapat izin, Terminal Leuwipanjang hanya menerima kedatangan. Bahkan, kedatangan bus yang diizinkan masuk terminal Leuwipanjang hanya bus yang datang dari Terminal Pulogebang, Jakarta.

“Meski telah ada izin, PO Bus yang melayani rute tersebut mengaku keberatan. Makanya hingga hari ini, belum ada kedatangan bus dari Pulogebang ke Leuwipanjang,”ungkapnya.

Walaupun Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah resmi mengizinkan transportasi massal untuk beroperasi lagi. Tapi berdasarkan kebijakan operasional transportasi ini masih dibatasi hanya untuk orang-orang tertentu yang telah ditetapkan gugus tugas percepatan penanganan covid-19, seperti Pegawai Negeri Sipil, TNI dan Karyawan BUMN yang memiliki persyaratan lengkap. (mg2/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan