Pandemi Covid-19, DPRD KBB Kurangi Rapat Tatap Muka Langsung

PADALARANG – DPRD Kabupaten Bandung Barat akan mengurangi intensitas rapat secara tatap muka sebagai upaya mengurangi risiko penyebaran Covid-19

Sebelumnya, Lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bandung Barat terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 yang tersebar di tiga SKPD.

Sekretariat Dewan (Sekwan) DPRD KBB, Roni Rudyana menjelaskan kegiatan rapat seluruh anggota dewan dilakukan secara virtual dengan menggunakan zoom meeting.

“Sebagai antisipasi, akan melakukan rapatnya secara virtual. Termasuk beberapa waktu lalu rapat paripurna dengan Pak Presiden dilakukan secara virtual,” ungkap Roni saat dihubungi, Selasa (18/8).

Namun sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan sampai kapan rapat virtual untuk anggota DPRD KBB tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita saat ini sedang bahas teknis rapat DPRD KBB bersama Pemkab Bandung Barat dilaksanakan seperti apa dan sampai kapan. Tapi kemungkinan selama pandemi ini akan tetap virtual,” katanya.

Sementara itu, saat disinggung pelaksanaan rapid test maupun swab test bagi Sekwan dan anggota DPRD KBB, Roni menyebut hal tersebut menunggu keputusan dari Dinkes KBB.

“Sampai hari ini belum ada jadwal tes baik rapid test maupun swab test dari Dinkes KBB. Tapi kita tetap menunggu,” bebernya.

Sementara itu, Ketua DPRD KBB, Rismanto mengatakan, dalam kondisi saat ini rapat antara DPRD KBB dengan Pemkab Bandung Barat harus dilakukan secara virtual.

“Contohnya ketika mendengarkan pidato kenegaraan pa presiden dilakukan secara virtual baik anggota dewan, perangkat daerah bahkan pimpinan daerah,” katanya.

Ia menambahkan, rapat secara virtual seyogyanya tetap dilaksanakan hingga situasi memungkinkan. Bahkan, para pegawai di sekretariat dewan pun hanya 50 persen yang masuk.

Berdasarkan hasil tracing oleh kesekretariatan, kata Rismanto, para anggota dewan tidak pernah memiliki kontak erat dengan ASN KBB yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Untuk swab dan rapid belum ada jadwal, tapi itu kita lakukan secara rutin seperti beberapa waktu lalu,” katanya.

Ia pun mengimbau, agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dijalankan dengan baik. Termasuk di lingkungan Pemkab Bandung Barat dan DPRD KBB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan