Orangtua Murid Disarankan Tetap Daftar Melalui Wali Kelas, Meskipun PPDB Kota Bandung Sudah Online

BANDUNG – Selama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Kota Bandung, orang tua murid sangat disarankan mendaftarkan calon peserta didik melalui wali kelas. Meskipun setiap orang tua akan menerima Username dan Pasword.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK) Disdik Kota Bandung, Edy Suparjoto mengatakan, sebetulnya setiap orangtua turut menerima username dan pasword ketika operator menginput data setiap calon peserta didik.

“Untuk Username dan Pasword, dari sekarang juga ketika operator menginputkan datanya yang pasti akan didapatkan username bagi orangtua, misalkan sudah didapatkan operator nanti akan disampaikan kepada wali kelasnya dan wali kelasnya akan secara melalui japri ke calon peseta didik,”ujar Edy di sela – sela penyampain Press Conference PPDB Online Kota Bandung, di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung, Sabtu (22/5).

Edy menuturkan, orangtua juga mendapatkan pasword dan username tersebut, artinya orangtua juga dapat mendaftarkan anaknya secara mandiri. Namun, Ia mengimbau kepada orangtua tetap menyerahkan pendaftaran kepada wali kelas.

“Pendaftaran itu bisa juga secara mandiri , nah namun alangkah baiknya jika di sekolah asal saja, kalau sudah disediakan alangkah melalui sekolah asal saja supaya bisa terdata,”sarannya.

“Baik itu, khusus siswa yang ada di Kota Bandung yang akan melanjutkan ke SMP, atau SMP yang melanjutkan ke SMA,”tambahnya.

Edy menambahkan, hal itu untuk memastikan seluruh calon peserta didik benar – benar terdata.

Kalaupun, orangtua ingin mendaftarkan anaknya secara mandiri maka harus ada komunikasi dengan wali kelas demi menghindari kesalahan pendaftaran, misalkan dua kali pendaftaran.

“Untuk jalur mandiri memang harus ada komunikasi dengan wali kelasnya, supaya tidak didaftar dua kali, kalau mau didaftar dua kali kan harus memakai alamat email dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) orang tua, nanti juga akan error sistemnya,”terangnya.(mg2).

Tinggalkan Balasan