Optimis Grafik Timnas Meningkat

JAKARTA – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan bahwa 30 pemain akan dibawa ke pemusatan latihan (TC) di Kroasia pada akhir Agustus mendatang. Hal ini setelah ia mendapat laporan dan update dari pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong.

Pada TC di Kroasia nanti, Garuda Muda juga akan mengikuti sebuah turnamen yang diikuti tuan rumah Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi pada 2-8 September 2020. ”Sebanyak 30 pemain telah dipilih pelatih Shin Tae-yong untuk diberangkatkan ke Kroasia. Ia (Shin Tae-yong) juga memberikan laporan bahwa saat ini pemain mengalami perkembangan yang bagus dan grafik meningkat selama pemusatan latihan,” kata Iriawan, Rabu (26/8).

Menurut Iriawan, Kroasia dipilih karena merupakan salah satu tim terbaik di dunia. Saat ini Kroasia menduduki peringkat enam FIFA. Selain itu, pemain timnas U-19 tidak harus menjalani karantina. Dan suhu di Kroasia berkisar 19-23 derajat celcius atau hampir sama dengan suhu di Uzbekistan, yakni sekitar 19-25 derajat celcius.

Iriawan juga mengatakan 30 pemain itu murni pilihan Shin Tae-yong dan tidak ada campur tangan atau intervensi dari Exco PSSI atau pun pihak-pihak lain. TC di Kroasia sebagai persiapan Garuda Muda mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang berlangsung pada 14-31 Oktober di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

”TC di Kroasia ini, kami harap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20. PSSI selalu mendukung program dari pelatih Shin Tae-yong untuk timnas,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa 30 pemain dipilih berdasarkan penilaiannya selama pemusatan latihan. ”Kami memilih 30 pemain untuk dibawa ke Kroasia. Pemain saat ini dalam kondisi bagus dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya. Saya yakin selama di Kroasia, fisik, teknik, dan permainan timnas U-19 akan makin meningkat,” akunya.

Hal senada diungkapkan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Ia menambahkan selain mengikuti turnamen di Kroasia, timnas U-19 direncanakan akan menjalani beberapa laga uji coba. ”Saya bersama pelatih Shin Tae-yong terus melakukan koordinasi perkembangan tim,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan