Newcastle United Proyek Raksasa

NEWCASTLE — Akuisisi Newcastle United dari Mike Ashley sudah selesai. Dengan dukungan dana melimpah dari Arab Saudi dan Reuben Brothers, The Magpies akan jadi klub raksasa baru di Eropa.

MELALUI perusahaan Badan Investasi Publik (PIF), pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman mengeluarkan 300 juta poundsterling atau sekira Rp5,798 triliun untuk membeli saham mayoritas Newcastle. Di bawah kendali pangeran Arab Saudi, Newcastle dipastikan akan menjelma menjadi klub besar seperti halnya Manchester City.

Pada September 2008, pengusaha yang juga anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan membeli The Citizens. Setelah menghabiskan ratusan jutaan poundsterling untuk membeli pemain kelas dunia, City dengan cepat melejit menjadi raksasa Eropa.

Hanya tiga tahun setelah memboyong pemain bintang, mereka sudah menjuarai Premier League Inggris musim 2011/2012. Tahun berikutnya, mereka semakin perkasa dan meraih total 13 gelar, termasuk empat trofi Premier League.

Bersama Bos PCP Capital Partners, Amanda Staveley dan Reuben Brothers yang akan memiliki 10 persen saham klub, Pangeran Salman dipastikan juga akan melakukan hal sama. Mereka akan membeli pemain-pemain bintang yang akan membuat mereka meluncur masuk ke barisan tim elite.

Hingga kemarin, sejumlah nama pemain top dunia sudah dikait-kaitkan dengan klub yang bermarkas di St. James Park tersebut. Mulai dari Edinson Cavani, Philippe Coutinho, Nabil Fekir, Kalidou Koulibaly, Radja Nainggolan, hingga yang sangat mengejutkan adalah nama Erling Haaland.

“Musim panas ini, Newcastle ingin sangat ofensif di pasar transfer. The Magpies akan meluncurkan serangan terhadap beberapa target utama, yang sedang dalam proses dibeli oleh PCP Capital Partners,” demikian klaim Foot Mercato.

Sebelum memutuskan pemain bintang yang akan mereka boyong, Newcastle terlebih dulu akan menunjuk manajer. Saat ini, muncul nama Mauricio Pochettino, Massimiliano Allegri, dan Luciano Spalletti.

Ketiga pelatih itu saat ini sedang menganggur dan dianggap paling siap memimpin era baru sekaligus megaproyek Newcastle. Selain itu, ada juga nama manajer Newcastle saat ini, Steve Bruce serta pelatih legendaris mereka, Kevin Keegan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan