Nasib Chelsea Terganggu Hukuman FIFA

JAKARTA – Bayang-bayang embargo transfer belum lepas dari Chelsea hingga jendela belanja dibuka Juli-Agustus mendatang. Sejak tahun lalu, Badan sepakbola tertinggi di dunia FIFA telah menghukum klub asal London itu dengan embargo transfer untuk dua jendela transfer ke depan.

Sanksi tersebut harus dijalani The Blues setelah mereka dianggap melanggar aturan mengenai transfer dan registrasi pemain di bawah usia 18 tahun. Situasi ini membuat Chelsea hanya bisa merekrut Christian Pulisic, yang sudah mencapai kesepakatan dengan Borussia Dortmund pada Januari 2019 lalu. Sementara, Eden Hazard dilepas ke Real Madrid di jendela transfer musim panas, enam bulan kemudian.

”Komite Disiplin FIFA telah menghukum klub Inggris Chelsea FC dan federasi [FA] atas pelanggaran yang berkaitan dengan transfer internasional dan registrasi pemain di bawah usia 18 tahun,” demikian bunyi rilis resmi FIFA, Februari 2019 silam.

”Komite Disiplin menghukum Chelsea dengan larangan pada pendaftaran pemain baru baik di level nasional dan internasional untuk dua periode registrasi secara utuh dan beruntun. Larangan ini berlaku untuk segenap komponen klub – dengan pengecualian tim wanita dan futsal – dan tidak menutup celah untuk pelepasan pemain. Selain itu, klub didenda CHF 600.000 dan diberi waktu 90 hari untuk mengatur situasi para pemain di bawah umur yang bersangkutan,” jelasnya.

Selain Chelsea, FIFA juga menjatuhkan sanksi untuk Federasi Sepakbola Inggris (FA). Kedua pihak masih punya kesempatan untuk melakukan bantahan melalui Komite Banding FIFA.

Pasca korona, dengan pertimbangan waktu transfer yang akan bergeser ditambah dengan Liga Champions dan Liga Inggris yang juga akan mengalami dampak serupa, Chelsea tentu akan kesulitan. Beruntung, Assosiasi sepakbola Inggris atau FA langsung membantu Chelsea mengajukan banding terkait keputusan FIFA tentang larangan transfer untuk musim depan.

FA juga sama-sama didenda 510 ribu franc Swiss, dan dikurangi menjadi 350 ribu franc Swiss setelah banding akibat urusan ini. Diketahui, CAS atau Komite Abritase Sport akan menyidangkannya pada 26 Juni mendatang atau lima hari sebelum jendela transfer dibuka. ”FA terus bekerja dengan FIFA dan Chelsea dalam sistem yang konstruktif untuk mengatasi masalah ini,” tulis pernyataan FA dilansir dari ESPN. (fin/tgr/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan