Miliki PR, Pelatih Timnas U-19 Belum Menemukan Skuad Inti

JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih hasil positif pada laga uji coba penutup di Kroasia dengan melibas tim Dinamo Zagreb dengan skor 1-0 di Komplek Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Senin (28/9).

Gol tunggal kemenangan Timnas U-19 diciptakan Witan Sulaeman pada menit ke-38. Terkait hasil tersebut, Pelatih Timnas U-19 Shin Tae Yong mengaku puas dan menilai timnya bermain bagus pada laga itu. ”Permainan semakin stabil dari setiap laga uji coba,” kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (29/9).

Kendati demikian, menurut Shin, Timnas U-19 masih memiliki “Pekerjaan Rumah (PR)” yang harus diperbaiki agar permainan pada laga berikutnya lebih baik. ”Namun semua lini masih ada kekurangan dan perlu pembenahan. Kami akan terus memperbaikinya dan pemain terus bekerja keras,” jelasnya.

Diketahui, selama jalani pemusatan latihan di Kroasia, Timnas U-19 telah melakoni tujuh pertandingan uji coba. Dari seluruh laga, dua diantaranya berhasil meraih kemenangan yakni lawan Qatar (2-1) dan Dinamo Zagreb (1-0). Lalu, dua hasil imbang, Arab Saudi (3-3) dan uji coba kedua lawan Qatar (1-1), Serta tiga kali alami kekalahan.

Shin Tae-yong memberi pengakuan jujur. Ia menyatakan belum menemukan skuad inti dari timnas U-19, yang akan diturunkan pada Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyatakan pihaknya hingga saat ini masih terus mencari. ”Kami masih dalam proses mencari 11 pemain inti,” jelasnya dikutip dari pernyataannya di saluran You Tube PSSI TV.

Shin menyebut tidak membeda-bedakan pemain inti atau lapis kedua dalam timnas U-19 saat ini, meski dari tujuh laga uji coba di Kroasia ada beberapa pemain yang jarang hilang dari susunan sebelas pertama. Antara lain kiper Muhammad Adi Satryo, David Maulana, Witan Sulaeman, Pratama Arhan dan Komang Teguh Trisnanda.

Shin menekankan, pemain yang sering bermain di uji coba bukan berarti akan menjadi andalannya dalam pertandingan. ”Pemain yang saya turunkan di pertandingan adalah mereka yang berkondisi bagus dan menunjukkan performa baik,” pungkasnya. (dbs/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan