Melalui Aplikasi E-lib Tawarkan Solusi Baca Online Ditengah Anjuran Stay at Home

CIMAHI – Layanan pinjam dan baca buku secara daring atau online melalui aplikasi ‘E-lib Kota Cimahi ditengah anjuran stay home hingga Work From Home (WFH). Hanya mermodalkan kuota dan ponsel, buku bacaan dari berbagai tema bisa dipinjam masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono mengatakan, sejak adanya anjuran tersebut, jumlah pendaftar E-Lib mengalami peningkatan. Seperti diketahui, kebijakan-kebijakan itu dibuat untuk memutus penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Selama lebih dari 14 hari sejak diberlakukan kebijakan tersebut, Alhamdulillah terjadi lonjakan pendaftar E-Lib Kota Cimahi yang cukup signifikan tercatat sebanyak 51 anggota baru E-lib per tanggal 16 Maret – 2 April 2020,” bebernya saat ditemui, Jumat (3/4).

Dengan data tersebut, sambung Harjono, artinya akses terhadap buku sebagai salah satu sumber informasi, pengetahuan, penelitian, maupun rekreasi tetap dibutuhkan masyarakat Kota Cimahi

Sistem pinjam buku online memang baru diluncurkan sejak tahun lalu. Masyarakat cukup mengunduh aplikasi E-Library. Aplikasi ini dapat didownload di play store ataupun appstore, dengan pendaftaran online melalui link : bit.ly/reg-elibcimahi

Setelah mendaftar secara online, pembaca bisa menikmati 1.238 judul buku, dengan total exemplar sebanyak 3.714 buku yang bisa dipinjam dan dibaca secara online.

Dikatakan Harjono, ada beragam jenis bacaan yang bisa dimanfaatkan pembaca dari semua kalangan, seperti novel, komik, umum, agama, teknologi, dan buku anak.

“Saatnya merubah paradigma, dari baca buku cetakan ke buku digital,” ucapnya.

Harjono melanjutkan, ejak Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi  menerbitkan Surat Edaran (SE) kewaspadaan Covid-19, layanan baca dan pinjam buku di Perpustakaan Umum Kota Cimahi Jalan Daeng M. Ardiwinata ditutup sementara waktu.

“Saat ini kami melakukan pembatasan layanan tatap muka, artinya saat ini kami tidak dapat melayani masyarakat secara fisik,” tandasnya. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan