Masih Masa Pandemi Covid-19, Obyek Wisata di Bandung Barat Masih Ada yang Buka

RAJAMANDALA – Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang terjadi hampir 2 bulan belakangan sangat berdampak pada sektor pariwisata di Kabupaten Bandung Barat.

Bagaimana tidak, hampir semua sektor pariwisata yang menjadi sumber pendapatan bagi daerah terpaksa ditutup demi meminimalisir potensi penyebaran Covid-19.

Namun, ada obyek wisata alam yang masih buka dan masih menerima kunjungan wisatawan. Obyek wisata tersebut merupakan Sanghyang Kenit, di Kecamatan Rajamandala, KBB.

Obyek wisata yang ada di balik PLTA Saguling, itu masih menerima kunjungan wisatawan, meskipun tak seramai biasanya. Ditambah fasilitas yang diberikan pun tak selengkap biasanya.

Dodi Aan, pengelola obyek wisata Sanghyang Kenit, mengaku wisatawan yabg datang biasanya merupakan warga sekitar KBB. Namun jumlahnya pun sangat sedikit jika dibandingkan dengan hari biasanya.

“Sebetulnya ikut aturan untuk tutup, tapi pengelola tetap standby di sini. Karena ini kan obyek wisata alam terbuka, jadi masyarakat bisa datang kapanpun. Kita menghindari hal yang tidak diinginkan, makanya wisatawan tetap kita fasilitasi,” ujar Dodi saat dihubungi, Minggu (17/5).

Dalam sehari selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ditambah sedang bulan Ramadhan, wisatawan yang datang tak lebih dari 10 orang.

“Paling biasanya 5 orang, itu juga hanya foto-foto dan main air di pinggir sungai. Jadi enggak ada susur goa seperti biasanya,” terangnya.

Pihaknya berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar Pemertintah KBB bisa kembali membuka obyek wisata seperti sediakala.

“Ya harapannya cepat selesai semua dan normal lagi. Pengelola di sini kan kebanyakan karang taruna, mereka cari uang dan cari makan dari sini. Kasihan sela beberapa bulan kemarin pemasukannya menurun drastis,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan