Masih Ada Kasus Covid-19, KBB Bertahan di Zona Oranye

NGAMPRAH – Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih berada di zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19 berdasarkan hasil evaluasi risiko kesehatan kabupaten/kota.

Pada awal Oktober 2020 KBB sempat berada di zona merah karena ada lonjakan kasus Covid-19. Namun seiring banyaknya pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan kasus yang terus menurun akhirnya KBB bergeser ke zona oranye.

“Sekarang sudah zona oranye dan menuju zona kuning. Bahkan berharap bisa masuk zona hijau jangan malah ke zona merah lagi,” ungkap Jubir Gugus Tugas COVID-19 KBB, Agus Ganjar, Sabtu (7/11).

Berdasarkan data sebaran Covid-19 di KBB saat tercatat ada 524 orang terkonfirmasi Covid-19 setelah menjalani swab test. Dari jumlah tersebut pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 343 orang, positif aktif sebanyak 167 orang, dan dinyatakan meninggal dunia sebanyak 14 orang.

Dirinya tidak menampik jika, sampai sekarang penambahan kasus positif Covid-19 masih ada. Namun penambahan kasus diimbangi dengan jumlah pasien positif yang sembuh terus bertambah.

“Yang sembuhnya banyak meskipun yang positif terus bertambah. Tapi kita terus upayakan penanganan agar yang positif bisa segera negatif. Sebab kebanyakan di kita berasal dari klaster keluarga,” bebernya.

Pihaknya mengklaim terus melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di lingkungan masyarakat termasuk di tempat-tempat wisata seperti yang dilakukan pada saat libur panjang akhir pekan lalu.

“Selain sosialisasi oleh petugas, kita juga kebut rapid test acak on the spot termasuk di objek wisata saat libur panjang. Ya itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan