Masih Ada 11 Kasus Positif Covid-19 di Cimahi

CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi meminta masyarakat tetap waspada. Sebab jumlah kasus Corona Virus Disease (Covid-19 di Kota Cimahi hingga saat ini tersisa 11 orang. Belasan orang yang masih terkonfirmasi positif itu tersebar di delapan kelurahan.

Yakni di Kelurahan Cibabat dua orang, Kelurahan Pasirkaliki satu orang. Kemudian di Kelurahan Setiamanah satu orang, Kelurahan Cigugur Tengah satu orang, Kelurahan Baros satu orang, Kelurahan Utama dua orang, Kelurahan Cibeureum dua orang dan Kelurahan Melong satu orang.

”Semuanya tersebar di 10 RW di delapan kelurahan,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini, dilansir dari laman resmi Pemerintahan Kota Cimahi.

Artinya, terang dia, dari total 15 kelurahan di Kota Cimahi sudah ada tujuh kelurahan di Kota Cimahi yang sudah tidak ada kasus terkonfirmasi positif terpapar virus korona atau Covid-19.

Yakni Kelurahan Cipageran dan Kelurahan Citeureup di Kecamatan Cimahi Utara, Kelurahan Kelurahan Karangmekar, Kelurahan Cimahi dan Kelurahan Padasuka di Kecamatan Cimahi Tengah serta Kelurahan Leuwigajah dan Kelurahan Cibeber di Kecamatan Cimahi Selatan.

”Jadi ada tujuh kelurahan yang sudah nol kasus di Kota Cimahi,” terangnya.

Hingga hari ini, kasus terkonfirmasi positif virus korona di Kota Cimahi ada 110 orang. Rinciannya, 11 orang atau 10 persen masih positif, 95 atau 86,36 persen sudah dinyatakan sembuh dan empat orang atau 3,64 meninggal dunia.

Meski angka kesembuhan tergolong bagus, kata Chanifah, bukan berarti virus korona sudah bisa dikendalikan sepenuhnya. Pihaknya tetap akan melakukan pencegahan dan penanganan hingga virus yang disebut tersebut segera berakhir di Kota Cimahi.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melanjutkan target swab test terhadap 600 orang setiap pekannya.

”Ini harus kita lakukan karena dari pusat pun sudah ada arahan ke sana. Cimahi juga sekitar 600-an seminggu,” terangnya.

Sasaran utamanya, terang Rini, masyarakat yang terindikasi memiliki gejala Covid-19 hingga yang mengeluhkan gejala Influenza Like Illness (ILI). Gejala tersebut akan disaring sejak dari rumah sakit dan Puskesmas, dan nantinya akan dilakukan swab test.

Sebetulnya penapisan masyarakat yang terkena ILI sudah dilakukan sejak lama, namun hanya dipantau saja. Tapi ke depan akan langsung dilakukan swab test untuk mencegah penularan Covid-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan