Manager Pelatih, Fokuskan Timnas Indonesia U-19

JAKARTA – Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengakui sulit membagi fokus ke tiga Timnas Indonesia dari kelompok umur sampai senior sekaligus. Karena itu, dia memilih skala prioritas saat ini, yakni untuk memantapkan Timnas Indonesia U-19.

Sesuai kontraknya, Shin Tae Yong dipercaya untuk mengatur dan menangani Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-19. Ia mengakui, satu hal yang akan sulit dilakukan ialah mengumpulkan para pemain.

”Awalnya saya kira tidak terlalu sulit (menangani tiga level tim nasional). Tetapi ternyata lebih sulit ketika sudah mengumpulkan pemain. Untuk mengembangkan sepak bola Indonesia dalam jangka waktu panjang akan lebih mudah membentuk dari pemain muda,” Katanya dikutip kantor berita Korea Selatan, KBS.

Dia menyebut kans tim senior untuk lolos ke babak berikutnya di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 sudah pasti berat.

Sementara itu, untuk Skuad Garuda Muda, sedang kosong agenda untuk tahun 2020 ini. ”Kini fokusnya kepada tim yang paling penting, ialah Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan ke Piala Dunia U-20. Itu digelar di Indonesia tahun depan, sehingga jadi prioritas,” tuturnya.

Untuk itu, latihan virtual yang diprioritaskan oleh Shin Tae Yong ialah untuk Skuad Garuda Nusantara alias Timnas U-19. Pemusatan latihan model virtual ini sudah berjalan dan dijadwalkan terus dihelat sampai pertangah Juni mendatang. (dkk/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan