Madu Asli dari Lembang Laris Manis, Masyarakat Mempercayai Bisa Tingkatan Imunitas Tubuh

KBB – Di tengah mewabahnya Corona Virus Disease, penjualan minuman tradisional dengan bahan rempah dan alami mengalami peningkatan drastis.

Buntut dari banyaknya permintaan bahan-bahan racikan minuman tradisional itu, turut mendongkrak penjualan madu, salah satunya madu dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Koswara, peternak lebah Madu Maribaya Sari Alam Legend Bee di Lembang, mengaku penjualan madu yang digelutinya langsung melonjak beberapa kali lipat pascamewabahnya Corona Virus.

“Sebulan terakhir, madu yang terjual kira-kira sudah sekitar 2,5 kuintal dari empat jenis lebah madu yang diternakkan, seperti Melivera, Cerana, Dorsata dan Trigona,” kata Koswara, Jumat (3/4).

Meski harus dilakukan penelitian yang panjang, namun senyawa propolis yang terkandung dalam tiap tetes madu khususnya jenis trigona, minimal bisa menjadi pencegahan paparan penyakit, termasuk Corona Virus.

“Tapi khasiat yang sudah pasti, manfaat madu bisa meningkatkan imunitas. Kondisi cuaca yang kerap tidak menentu berimbas daya tahan tubuh menurun, sehingga madu bisa jadi pilihan sebagai tambahan nutrisi,” tuturnya.

Koswara mengaku tidak mengalami kesulitan mendapatkan stok madu asli meskipun terjadi lonjakan permintaan. Menurutnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memanen madu. Namun Koswara mengaku madu Dorsata cukup sulit didapat karena jenis madu hutan ini hanya dipanen pada saat musim kemarau.

“Alhamdulillah untuk ketersediaan selalu ada, paling yang jenis Dorsata saja agak sulit. Sekarang kan masih musim hujan, sedangkan madu itu panen di musim kemarau,” terangnya.

Sebelum Corona Virus mewabah hampir si seluruh dunia, pembeli madu kebanyakan berasal dari mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Arab Saudi, hingga Jerman yang langsung datang ke gerai miliknya di Lembang. Baru sejak dua minggu terakhir, pemesan datang dari daerah di sekitar Bandung.

“Sekarang paling banyak pembeli berasal dari sekitar Bandung, bahkan ada seorang yang pesan hingga 35 kilogram madu. Sistemnya penjualannya sekarang online, jadi barang dipaket,” jelasnya.

Untuk satu kilogram madu yang dijualnya, Koswara menyebut dipatok mulai harga Rp  250 ribu hingga Rp 750 ribu, tergantung jenis. Namun ia dengan senang hati bakal memberikan diskon jika ada pembelian dalam jumlah banyak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan