MA Al Falah Miliki Segudang Prestasi dari Ilmu Umum sampai Agama

BANDUNG – Kepala Sekolah Madrasah Aliyah (MA) Al Falah Nagreg Mukhsin mengungkapkan selama semester sekarang MA Al Falah sudah membawa pulang sejuta prestasi diberbagai perlombaan yang diselenggarakan oleh berbagai Universitas di Jawa Barat.

“MA Al Falah banyak yang ditonjolkan, dari segi Qiroahnya bisa, soalna seninya, lalu prestasi akademik sudah menjuarai dalam semester sekarang beberapa Olimpiade Fisika, Kimia, Ekonomi yang diselenggaran oleh perguruan tinggi,” kata Mukhsin kepada Jabar Ekspres di Bandung, Jum’at (10/4).

Dikatakannya, dari sisi Qiroah anak-anak MA Al Falah sudah sampai ke tingkat Nasional kompetisi nya, bukan hanya daerah saja. Bahkan, kata dia, anak-anak aliyah itu bukan hanya mewakili satu Provinsi saja melainkan suka dijadikan ajak delegasi oleh Provinsi lain.

“Santri-santri Al Falah ada yang diambil ke Provinsi ini, Provinsi itu, biasanya itu kalimantan, Bengkuku, Jawa Barat mewakili provinsi, dari segi siswa nya juga Nasional dari dari berbagai daerah ada,” katanya.

Menjelang PPDB, Mukhsin menjelaskan bahwa MA Al Falah membuka tiga Program Studi. IPA, IPS dan Agama. Kendati demikian, dari ketiga program tersebut yang lebih diunggulkannya ialah program Agama.

“Program agama inilah yang menjadi keunggulan MA Al-Falah, karena didalam kurikulumnya bukan kurikulum IIK tapi sudah masuk kurikulum PK. Jadi bukan seperti jurusan agama di Aliyah lainnya,” jelasnya.

“Kalau di MA Al Falah sudah merujuk pada kitab-kitab kuning, kitab Asriyah, fiqih, ushul fiqih, hadist, ilmu hadis, tafsir ilmu tafsir dan yang lainnya itu dari jurusan,” imbuhnya.

Lalu seting kurikulum kita, sambung dia, membaurkan atau memiks antara kurikulum kebijakan nasional dengan kurikulum pesantren.

“Qiroahnya seperti muatan lokal, disamping itu mengembangkan aspek esktrakurikulernya, sehingga Qiroah masuk lalu tahfid quran, seni bela diri olah raga dan lain lain sebagainya itu ada semua,” sambungnya.

Dijelaskan lebih lanjut, program Tahfidz dan Qiroah, lulusan MA Al Falah sudah banyak diterima oleh para berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta melalui jalur tes program itu.

“Kalau yang tahfid ini justru lebih bagus lagi tahfid sudah masuk sampai ke nasional anak anak kita itu, lalu bagaimana akseptabilitasnya dimata perguruan tinggi alhamdulillah perguruan tinggi negeri wilayah Jawa Barat dengan Al Falah dengan sudah katakan penerimaan tiap tahunnya cukup tinggi gitu, apalagi UIN anak-anak kita keterima di Unpad di ITB juga ada, UPI, UIP,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan