Lima Tenaga Kesehatan di RSUD Cibabat Positif Covid-19

CIMAHI – Sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Kota Cimahi dikabarkan terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) berdasarkan hasil swab test atau tes usap.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama RSUD Cibabat, Kota Cimahi, Reri Marliah mengungkapkan, ada ada lima pegawai rumah sakit regional tersebut yang terpapar virus korona berdasarkan hasil swab tes.

’’Tiga orang tenaga kesehatan perawat, satu bidan dan satu orang lagi nutritionist. Jadi yang terkonfirmasi ini 4 orang sudah diisolasi di Rumah Sakit Cibabat dan seorang lagi di BPSDM Jabar. Semuanya tanpa gejala,” terang Reri, Jumat (7/8).

Dengan temuan baru ini, terang Reri, jumlah pegawai RSUD Cibabat yang positif terpapar virus korona ada delapan orang. Sebab sebelumnya sudah ada tiga pegawai di RSUD Cibabat yang terkonfirmasi positif virus korona. Mereka terdiri dari dua tenaga kontrak dan satu dari pihak keamanan.

“Total kasus positif di RSUD Cibabat menjadi 8 kasus, yang 3 kasus pertama sudah sembuh,” beber Reri.

Dikatakannya, pihaknya sudah melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat dengan pegawai yang sudah terkonfirmasi positif virus korona. Hasilnya, ada 110 orang harus menjalani isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab ulang.

“Kontak erat sudah dilakukan swab 110 karyawan. Diupayakan Senin sudah keluar hasilnya,” kata Reri.

Akibat adanya penemuan kasus tersebut, RSUD Cibabat terpaksa menutup pelayanan Poliklinik untuk sementara waktu. Rencananya, pelayanan di Poliklinik akan dibuka kembali pada Senin (10/8).

“Penutupan poliklinik ini tujuannya adalah general cleaning seluruh ruangan poliklinik dan diliburkan. Senin kita mulai pelayanan lagi,” ujar Reri.

Ia memastikan adanya pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini tidak akan menganggu pelayanan dan menganggu kenyamanan pasien umum lainnya.  “Mereka yang membutuhkan obat kronis kegawadarudatan bisa ke IGD,” kata Reri.

Secara keseluruhan, lanjut Reri dia, total pegawai RSUD Cibabat yang sudah dilakukan swab tes mencapai 600 orang. “Kita di rumah sakit melakukan swab massal untuk seluruh karyawan rumah sakit. Sudah dilakukan kurang lebih 600 orang,” sebutnya.

Hingga hari ini, ungkap Reri, RSUD Cibabat masih menjalani perawatan karena virus korona mencapai 22 orang. Rinciannya, 2 pasien zona merah, 4 pasien zona kuning dan 16 pasien masuk zona hijau.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan