Lacak Sumber Penularan Korona, Pemkab Bandung Barat Gencarkan Swab Test ASN

NGAMPRAH – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) masifkan  swab test terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu dilakukan guna melacak sebaran korona yang telah masuk ke perkantoran di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Tes swab masal tersebut dilakukan sebagai tracing kontak erat pegawai dengan lima ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Hari ini (kemarin) kita dahulukan Dinas Kesehatan dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga). Karena yang terpapar Covid-19-nya kan dari dua dinas itu,” kata Sekretaris Dinkes KBB, Nanang Ismantoro, Jumat (14/8).

Sebelumnya, ASN KBB yang terinfeksi Covid-19 yakni dua orang dari Dinas Perikanan dan Peternakan. Untuk dinas tersebut, telah dilakukan swab dan mereka melakukan isolasi mandiri.

Kemudian menyusul dua ASN Dispora dan satu ASN Dinkes yang nyatanya merupakan penanggungjawab penanangan Covid-19 termasuk pelaksana swab test dan rapid test.

“Makanya, kita dahulukan ASN dua dinas itu, sambil melakukan tracing dengan siapa saja mereka kontak langsung sebelumnya,” tegasnya.

Namun, dirinya belum bisa menyebutkan sumber paparan dua ASN di Dispora dan satu ASN Dinkes tersebut. Berbeda dengan ASN Dispernakan yang diketahui terpapar dari pejabat di Gedung Sate.

“Kita lagi fokus ke tracing yang positif itu, untuk memutus mata rantai penyebarannya dan langsung lakukan swab. Termasuk saya sendiri, sudah diswab tapi hasilnya belum keluar,” bebernya.

Dampak terinfeksinya ASN KBB tersebut, 19 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di gedung A dan Gedung C mulai ditutup oleh Pemda. Surat edaran penutupan dua gedung tersebut telah beredar kemarin malam.

“Mulai kemarin sudah WFH, itu arahan dari Pak Bupati langsung. Karena kalau masih bekerja di dua gedung itu, khawatir penyebarannya makin meluas,” tandasnya.

Sebelumnya, dua gedung pemerintahan di lingkungan kantor Pemda Kabupaten Bandung Barat terpaksa ditutup selama 14 hari ke depan setelah adanya lima ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dua gedung tersebut yakni gedung A dan gedung C. Di dalamnya terdapat kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) KBB, kantor pelayanan pajak BPKAD, dan sejumlah dinas lainnya memberikan pelayanan pada masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan