Kurangi Pengangguran, Perusahaan Prioritaskan Tenaga lokal

NGAMPRAH – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggelar seleksi rekrutmen caddy/pramugolf. Rekrutmen tersebut untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Parahyangan Golf Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB.

Kepala Disnakertrans KBB, Iing Solihin mengataka, total caddy yang dibutuhkan sebanyak 100 orang. Hal tersebut menjadi peluang bagi warga lokal karena mereka akan jadi prioritas untuk diterima. ”Ini tentunya dapat membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan penyerapan tenaga kerja usia produktif,” kata Iing Solihin, Rabu (12/8).

Menurut Iing, hal tersebut menjadi peluang. apalagi banyak perusahaan dalam negeri ataupun asing di KBB yang memerlukan tenaga kerja banyak. Ini menjadi tantangan besar sehingga jangan sampai tidak termanfaatkan oleh warga lokal KBB. ”Perusahaan di KBB setiap ada rekrutmen selalu memprioritaskan warga lokal. Makanya SDM lokal harus siap dam RPJMD juga harus mendukung ke sana,” jelasnya.

Hingga Agustus 2020 sudah ada 10 perusahaan besar di KBB yang menjalin rekrutmen dengan Disnakertrans. Ke-10 perusahaan besar yang memberikan informasi lowongan diantaranta PT Medion, PT Indofood dan PT Parahyangan Golf Bandung.

Menurutnya, Disnakertrans KBB akan terus melakukan pendataan ketersediaan lowongan pekerjaan dengan seluruh perusahaan yang berdiri di KBB. Hal tersebut juga untuk menghindari penipuan lowongan kerja yang banyak tersebar di media sosial. ”Silakan datang ke kantor untuk mencari informasi lowongan kerja, kami akan membantu menyalurkan sesuai minat dan klasifikasi yang ada,” tuturnya.

Kabid P3TKT Ati Indrawati menambahkan, bagi warga KBB yang berminat untuk lowongan caddy bisa datang ke kantor Disnakertrans. Proses seleksi awal persyaratan dan wawancara dilakukan di dinas untuk kemudian menyerahkan hasilnya ke pihak perusahaan. ”Yang datang sudah ada sekitar 10 orang, 7 di antaranya dinyatakan masuk siap menjalani proses traning,” akunya.

Sementara itu, Manager Operasional Parahyangan Golf Bandung, Dais menyebutkan pihaknya sengaja menjalin kerja sama dengan Disnakertrans KBB untuk memberi kesempatan warga lokal. ”Kami memang mencari tenaga kerja lokal. Sistemnya kontrak kemitraan dengan jam kerja 4-5 jam/hari dan sehari bisa dapat Rp 250.000 dengan tips,” pungkasnya. (mg6/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan