Kunjungan Wisatawan Diklaim Tembus 65 Juta Orang

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengaku bangga dengan torehan prestasi yang diraih di Bidang Pariwisata selama tahun 2019. Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih salah satunya soal target jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Jabar.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) di 2019, selama periode 2014-2018 rata-rata laju pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Jabar adalah 7,90 persen per tahun,” kata Emil sapaan akrabnya di Hotel Trans Hotel Bandung, Rabu (22/1).

Emil menyebutkan, pada tahun 2018 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jabar mencapai 65,90 juta orang. Terdiri dari 63,30 juta wisatawan domestik dan 2,60 juta wisatawan mancanegara.

Pada 2020, Emil meyakini jumlah kunjungan akan terus naik. Hal itu didorong dengan berbagai event besar yang akan digelar Pemprov Jabar untuk menggait lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke Jabar.

Emil menargetkan, tahun ini akan digelar 167 event, terdiri dari 107 event kebudayaan, enam event musik, 23 event olahraga, lima event fashion, 10 event kuliner, serta 17 event ekshibisi.

“Orang itu berwisata ke Jabar ada yang untuk melihat pemandangan alam yang indah seperti pantai, pegunungan dan lainnya. Ada juga yang datang untuk berkegiatan wisata buatan ada juga yang datang karena festival,” tambahnya.

Terkait festival, Emil pun menyampaikan, bahwa jumlah wisatawan mencapai ribuan dari kelas kecil di kampung, kota hingga mancanegara. Akan tetapi sekarang pihaknya masih mengklasifikasikan, sekitar 167 festival unggulan untuk perkuatan ekonomi di Jabar.

“Nah untuk festival saat ini ada olahraga ada yang tradisi, ada yang sifatnya religius ada yang sifatnya musik dan lainnya. Kontribusi ini nilainya saya coba hitung mencapai triliunan yang masuk dari peputaran itu,” ucapnya.

Emil memaparkan, dari event otomotif saja pendapatan lebih dari Rp 2 trilun perputaran ekonominya.

“Maka berbahagialah kita di Jabar alamnya indah kreatif dan penuh budaya, sehingga menjadi tujuan wisata dari berbagai daerah” paparnya.

Sementara itu, untuk tempat wisata yang diunggulkan, ada lima yang sesuai dengan standar yang diberikan Kementerian Pariwisata.

“Jadi 167 tempat wisata, lima di antaranya dapat dukungan dari pusat. Seperti Asia Afrika Festival di Bandung, Cap Gomeh di Bogor, kemudian festival Kraton di Cirebon, Festival Jatigede di Sumedang, dan Budaya Priangan di Garut,” pungkasnya. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan