Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda, PSSI Dukung AFC

JAKARTA – Duel antara Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia mengahadapi tuan rumah Thailand dalam laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia terpaksa ditunda. Penundaan laga tersebut tak lain karena merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19.

Bukan hanya laga Thailand vs Indonesia, semua pertandingan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan berlangsung Maret dan Juni bakal diundur ke Oktober lantaran dampak Virus Corona.

Sejatinya, laga antara tuan rumah Thailand kontra Indonesia digelar pada tanggal Kamis (26/3). Namun, Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) menunda hingga 8 Oktober 2020 dan laga bulan Juni menjadi bulan November.

Demikian pula laga kandang Timnas Indonesia melawan Uni Emirat Arab yang awalnya tanggal 31 Maret 2020, diubah menjadi tanggal 13 Oktober 2020. Adapun pertandingan tandang melawan Vietnam yang sebeumnya dijadwalkan tanggal 4 Juni menjadi tanggal 12 November 2020.

Keputusan penundaan ini setelah AFC melakukan emergency meeting dengan perwakilan beberapa negara Asia Timur dan Tenggara di Kuala Lumpur pada Senin (2/3) lalu. AFC kemudian mengirimkan surat hasil emergency meeting yang ditandatangani Sekjen AFC, Dato Windsor Windsor John kepada sejumlah anggota, termasuk PSSI.

”Ini adalah masa yang tidak terduga dan menantang. Tapi AFC bekerja tanpa lelah untuk memantau situasi, termasuk berbagai pembatasan perjalanan sambil terus-menerus berhubungan dengan member AFC, Liga, dan klub kami,” kata Dato Windsor John, Sekjen AFC dalam suratnya.

Selain pertandingan kualifikasi Piala Dunia, AFC juga menunda beberapa pertandingan Liga Champions Asia. Namun, AFC masih mengupayakan partai final Liga Champions Asia tidak mengalami perubahan jadwal.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Cucu Soemantri. ”Ya semuanya di tunda menjadi bulan Oktober. Ditunda karena kebijakan regulasi FIFA/AFC untuk penjadwalan ulang,” terangnya.

Terpisah, Ketua Umum PSSI, Muchamad Iriawan mengaku sangat menghormati keputusan penundaan tersebut. Menuruntya, ia memaklumi dan memberikan apresiasi kepada AFC yang melakukan langkah-langkah antisipatif terkait merebaknya Virus Corona.

”Timnas kita telah melakukan persiapan pada bulan lalu. Rencananya pertengahan Maret ini pun akan berkumpul kembali. Tapi kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada aktivitas persepakbolaan. Bagaimanapun, kemanusiaan ada di atas segalanya,” jelas pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut. (gie/fin/tgr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan