Kredit bjb Mesra Kuatkan UMKM Jawa Barat

BANDUNG – Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) yang merupakan program hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan bank bjb menjadi salah satu fasilitas pembiayaan yang amat diandalkan masyarakat. Lewat bantuan permodalan tanpa agunan ini, penerima dapat memanfaatkan dana yang disalurkan bank bjb untuk memperkuat dan meningkatkan skala usaha mereka.

Sejak awal mula program ini diluncurkan pada akhir 2018 lalu, Kredit Mesra telah mengalami beberapa kali transformasi, khususnya dalam hal perluasan cakupan kelompok masyarakat yang menjadi sasaran program, dari yang semula berlaku untuk masyarakat yang memakmurkan masjid, lalu merambah kepada seluruh rumah ibadah, kini Kredit bjb Mesra bahkan dapat dinikmati para warga difabel. Perluasan cakupan ini menunjukkan tingginya minat dan kebutuhan masyarakat akan skema pembiayaan penuh keringanan seperti yang diusung dalam program Kredit bjb Mesra.

Tidak terlepas dari peran serta berbagai pihak yang ikut berkolaborasi mendorong kelancaran program peningkatan kesejahteraan ini, tak terkecuali Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Jabar yang sedari mula menjadi partner bank bjb dan Pemprov Jabar dalam membidani kelahiran program andalan masyarakat ini.

Dalam webinar bertajuk “Program Kredit Mesra untuk Penguatan KUMKM Jawa Barat” yang diselenggarakan pada Senin (28/9/2020), peran dan strategi optimalisasi Kredit Mesra dikupas tuntas dari berbagai sisi oleh sejumlah narasumber, antara lain Ketua ICMI Orwil Jabar Mohammad Najib, Ketua Koperasi Insan Madani Arsyad Ahmad, Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan Acuviarta Kartabi, dan Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi mengatakan bahwa Kredit Mesra merupakan fasilitas pinjaman solutif yang diberikan bank bjb dan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai opsi yang relevan dalam mendukung penguatan pembiayaan. Perluasan cakupan penerima manfaat Kredit bjb Mesra dilakukan tanpa menghilangkan unsur religiusitas yang sedari awal menjadi ciri khas dalam program ini.

“Kredit bjb Mesra ini disalurkan untuk pelaku UMKM yang berbasis keumatan dengan pola pembiayaan kemitraan yang melibatkan pelaku UMKM dengan institusi yang menaungi pelaku UMKM. Program ini memang sengaja didesain untuk mendukung penguatan UMKM di Jabar yang kesulitan mendapatkan akses permodalan,” kata Denny.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan