KPU dan Pemkot Bakal Sosialisasikan Demokrasi

BANDUNG –Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan Konsolidasi Demokrasi sepanjang tahun 2020 ini. Konsolidasi Demokrasi ini salah satunya menyosialisasikan demokrasi bernegara.

”Tahun ini, kita akan melakukan kegiatan pengumpulan demokrasi. Tentunya bersinergi dengan Pemkot Bandung. Tujuannya untuk tetap memproses proses demokrasi lebih baik,” ujar Ketua KPU Kota Bandung, Suharti, kompilasi beraudiensi dengan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (27/1).

Suharti mengungkapkan, kegiatan tersebut memberikan fokus kepada para pemilih pemula mulai dari jenjang Sekolah Menengah Pertama hingga Perguruan Tinggi di berbagai sekolah dan Universitas.

”Kita membentuk edukasi mulai tingkat SMP, SMK dan juga badan eksekutif siswa maupun Senat di beberapa kampus. Harapan kita Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung bisa bersinergi,” katanya.

Sinergisitas itu, kata Suharti, perlu karena Kota Bandung yang penduduknya cukup banyak dan wilayahnya luas.

”Karena kita punya kewilayah yang luas terdiri dari 30 kecamatan, diharapkan ini bisa tersebar dan bisa dipahami oleh masyarakat,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambut baik rencana KPU Kota Bandung. Pasalnya, Demokrasi Merupakan Salah Satu Percakapan Bagi Masyarakat Mengenai Demokrasi.

”Ini harus berkualitas, memberikan yang terbaik kepada masyarakat sebagai calon pemilih pada pemilihan selanjutnya,” kata Oded.

Oded pun berpesan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kesbangpol untuk ikut terlibat.

”Pendidikan politik ini bagus. Mulai Kesbangpol dan Disdik harus ada program yang terintegrasi, tidak parsial,” jelasnya.

Oded pun disetujui agar bisa berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi. Dengan berbagai jurusan Ilmu Sosial Politik, Oded yakin mudah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa.

”Di Bandung banyak, juga fakultas – itu juga bagus, seperti Politik sosial. Bisa merangkul mahasiswa yang bekerja lapang untuk dilibatkan diajak kolaborasi dengan kita,” katanya.(rls/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan