Kompetisi MotoGP 2020 Siap Digelar Tanpa Penonton

JAKARTA Semangat Dorna untuk membawa balapan MotoGP musim 2020 kembali dihadirkan akhirnya terwujud. Lewat pengumuman virtual, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta merilis ada 13 balapan yang akan digelar di MotoGP 2020 dengan peluang tiga seri balapan tambahan.

Dari 13 balapan yang diumumkan kesemuanya dihelat di Eropa. Ia merinci, Sirkuit Jerez, Sirkuit Red Bull Ring, Sirkuit Misano, Sirkuit Aragon dan Sirkuit Valencia masing-masing akan menggelar dua balapan.

Dalam keteranganya, race diawali di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 19 Juli mendatang dan diakhiri di MotoGP Valencia pada 15 November mendatang. Kendai demikian, race musim ini berpotensi bertambah menjadi 17 seri, termasuk MotoGP Qatar.

Tiga dari empat balapan tambahan berada di luar Eropa seperti MotoGP Amerika Serikat, Thailand, Argentina dan Malaysia. ”Destinasi tambahan untuk race musim ini akan diumumkan pada 31 Juli mendatang,” ujar Carmelo dilansir dari Crash.

Ia memastikan, gelaran akan selesai tak lebih dari tanggal 13 Desember 2020 kendati ada tiga seri tambahan. ”Tentunya, seluruh balapan MotoGP 2020 akan digelar tanpa penonton,” ujar Dorna.

Merujuk regulasi Federasi Balap Motor Internasional (FIM), minimal ada 13 race dalam semusim MotoGP. Ezpeleta optimistis jumlah race tersebut terpenuhi dalam rangkaian seri Eropa. Balapan dobel dalam satu venue menjadi pilihan realistis bagi Dorna ketika menggeber seri Eropa. Seperti yang sudah direncanakan F1 di Red Bull Ring, Austria, dan Sirkuit Silverstone, Inggris.

Selanjutnya, Ezpeleta menyebut rencana balapan di Eropa bakal berlangsung tanpa penonton. ”Tetapi, itu bergantung pada peraturan dari setiap negara penyelenggara,” sebut Ezpeleta.

Selain tanpa penonton, protokol keselamatan khusus yang dibuat oleh MotoGP harus mendapatkan persetujuan pemerintah dalam setiap race-nya. Termasuk pemeriksaan COVID, jarak sosial dan jumlah masker harus sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Ada kemungkinan bahwa, ketika situasi pandemi membaik, beberapa penggemar mungkin diizinkan di acara menjelang akhir musim. Untuk saat ini, jumlah maksimum anggota paddock yang diizinkan di MotoGP adalah sekitar 1.600 orang. Tim Pabrik MotoGP akan dibatasi hingga 45 orang, Tim Independen 25, dengan masing-masing 12 tim Moto2 dan Moto3. (fin/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan