Kompetisi Dihentikan, Juara Proliga Hilang

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) secara resmi menghentikan kompetisi Proliga 2020 yang kini sudah masuk ke babak final four dengan mempertimbangkan merebaknya wabah virus Korona yang kini sudah menjadi pandemik global.

Keputusan ini telah disampaikan oleh PBVSI kepada kepada tim manajer klub dan para sponsor Proliga 2020 melalui surat 170/PP/PBVSI/III/2020 tertanggal 16 Maret 2020 dan ditandatangani oleh Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty dan Ketua Umum PBVSI, Imam Sudjarwo.

Di dalam surat yang disampaikan kepada peserta final four, disebutkan tiga hal ditiadakannya babak empat besar dan grand final. Pertama, pemberitaan resmi yang disampaikan Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Nasional Bencana (BNPB) yang memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah akibat virus corona (covid-19) sampai tanggal 29 Mei.

Kedua, surat dari FIVB selaku Badan Teringgi Bola Voli Dunia terkait dengan penghentian pertandingan yang disebabkan oleh dampak Global Virus Corona (Covid-19). Dan ketiga, tidak mendapat ijin penyelenggaraan.”Akhirnya, kami harus mengambil keputusan untuk menghentikan pertandingan kompetisi Bola Voli Proliga 2020 sampai dengan ranking babak penyisihan. Sedangkan untuk babak final four dan grand final Proliga 2020 ditiadakan,” tulis isi surat tersebut.

”Keputusan ini kami ambil, mengingatkan kita semua akan kepentingan yang jauh lebih besar dari sekedar memuaskan kecintaan kita kepada bola voli Indonesia, karena keselamatan semua pihak di sekitar kia adalah hal yang paling utama. Kami berharap semiga virus Corona (Covid-19) cepat berlalau sehingga kompetisi Proliga tahun 2021 dapat terselenggara,” akhir isi surat tersebut.

Sebelumnya, panpel Proliga 2020 telah memutuskan memindahkan tempat pelaksanaan final four satu dan dua, serta grand final ke Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Awalnya, final four pertama dijadwalkan berlangsung di GOR Joyoboyo Kediri, 3-5 April 2020 mendatang. Sedangkan final four kedua direncanakan di GOR Sritex Arena, Solo, 10-12 April 2020. Untuk grand final yang dijadwalkan 18 dan 19 April 2020 dilangsungkan di GOR Amongrogo Yogyakarta.

Akan tetapi dengan adanya surat pengumuman ini, panitia pelaksana Proliga 2020 akhirnya meniadakan seluruh pertandingan final four satu dan dua, serta grand final Proliga 2020 guna mencegah penyebaran virus corona.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan