Klaim PPDB 2020 Jauh Lebih Baik

BANDUNG-Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Aries Supriyatna menilai secara umum penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Bandung tahun 2020, jauh lebih baik bila dibandingkan sebelumnya. Pujian tersebut ia lontarkan saat memantau PPDB lewat jalur afirmasi dan prestasi.

“Tolok ukurnya persiapan sistem ini nampaknya lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi kita belum bisa katakan semua bagus karena masih ada sistem zonasi,” ujar Aries, dilansir dari prfmnews.com, Minggu (28/6).

Dirinya optimis PPDB jalur zonasi tahun ini pun akan sama baiknya. Pasalnya, ada pesiapam dari Dinas Pendidikan terlihat matang meskipun PPDB tahun ini sedang dalam masa pandemi Covid-19.

“Zonasi yang diberlakukan tahun ini tidak dibatasi wilayah administrasi radius terdekat peserta dari sekolah. Kemudian kalau lihat kuota afirmasi lebih tinggi karena memperhitungkan banyak warga yang terdampak covid,” imbuhnya.

Saat ini sambung dia, Komisi D terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menampung siswa yang tidak lolos jalur afirmasi.

“Kami di Komisi D dan Disdik megupayakan kerjasama intensif dengan sekolah swatsa agar menampung siswa afirmasi bisa diterima,” tuturnya.

Meski ada kemajuan Aries mengakui sistem PPDB ini perlu terus diperbaiki setiap tahunnya. Hal itu untuk menghindari adanya keluhan dari orangtua siswa.

“Kami Tidak mungkin menyusun sistem yang sempurna. Jadi setiap sistem pasti ada kekurangan dan itu akan jadi evaluasi ke depannya,” pungkasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan