Klaim Pembangunan Pasar Cihaurgeulis Capai 75 Persen 

BANDUNG – Pembangunan Pasar Cihaurgeulis saat ini sudah mencapai 75 persen, bulan Maret ditargetkan pasar tersebut sudah beroperasi, adapun progresnya hanya perlengkapan insfrastruktur di antaranya penyempurnaan setiap lantai yang cukup dicor.

”Jadi kita harap semua selesai bersamaan, ketika seluruh insfrastruktur selesai dan Kepwal juga selesai, adapun tujuan Kepwal itu sebegai penetapan lokasi,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di Balaikota Bandung, belum lama ini.

Sementara itu, Pjs Direktur Utama PD Pasar, Lusi Lesminingwati menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan sosialisasi zonasi dan harga lapak yang diberlakukan bagi para pedagang. Berkenaan dengan perizinan, kata Lusi semua akan berdasarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

”Jadi memang sekarang tahapannya sedang melakukan sosialisasi zonasi dan harga, zonasi itu berdasarkan IMB sesuai perizinan kepada para pedagang dalam eksistensi lantai itu digunakan untuk apa saja itu dikembalikan kepada pedagang selama berdasarkan IMB,” kata Lusi.

Pihaknya juga memastikan bagi para pedagang eksisting akan tetap diprioritaskan begitu juga dengan harga. hanya saja saat ini belum ada kesepakatan antara PD Pasar dengan Pedagang yang eksisting.

”Rencanya dalam waktu dekat secara intensif kita sosialisasikan,” ucapnya.

Dia memastikan, bagi para pedagang eksisting tetap diproritaskan, terkait dengan harga secara umum akan ada privilege (hak istimewa) antara pedagang eksisting dan pedagang yang mendaftar,”paparnya.

Selian itu, lanjutnya, pihaknya juga akan mengakomodir PKL disekitar pasar dan beberapa pasar kios akan masuk ke zonasi agar menjaga eksistensi dari pasar itu sendiri. Terlebih menurutnya, pembangunan pasar ini tidak dalam konteks 20 tahun kedepan tetapi lebih dari pada itu yakni mencapai 40 tahun bahkan lebih.

”Kita ingin memikirkan pasar ini beroperasi 24 jam sehingga memerlukan inovasi terkait aktivasi keunikan pasar. Kita bangun setengah lantai atas, paling atas itu menghadap ke tangkuban perahu itu yang nanti akan membuat pasar ini hidup,” paparnya.

Sebagai informasi, Pasar Cihaurgeleuis berdiri di atas tanah seluas 4560m2, Luas tapak 1600, dengan jumlah lantai 4,5Lt dan luas bangunan 7.300m2. Jumlah pedangang eksisting 380, adapun bagi daya tampung pasar sebanyak 576 ruang dagang ditambah area casual leasing dan booth casual di lantai Mezanin.(mg2/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan