Kim Jeffrey Alami Patah Tulang Rusuk

BANDUNG – Kejadian kurang mengenakan dialami gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan harus absen enam bulan karena cedera.

Kim Jeffrey Kurniawan sebelumnya dikabarkan mengalami retak pada tulang bagian rusuk saat membela Persib Bandung di laga uji coba.

Meskipun dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani mengonfirmasi jka Kim Jeffrey Kurniawan sebenarnya mengalami patah tulang rusuk.

Dari hasil pemeriksaan MRI, diketahui bahwa tidak ada pergseseran posisi tulang atas cedera yang dialami Kim Jeffrey Kurniawan.

Rafi Ghani pun menilai tidak perlu dilakukan tindakan reposisi, Kim hanya disarankan untuk beristirahat untuk proses pemulihan.

Kim diwajibkan beristirahat total dan tidak disarankan untuk menjalani aktivitas fisik yang berat.

Karena, dikhawatirkan adanya benturan yang justru berpotensi membuat cedera yang dialaminya semakin parah.

“Dari hasil MRI, memang ada fraktur atau patah tulang dibagian rusuknya. Tetapi, karena posisinya bagus,” ucap Rafi Ghani, dilansir dari bolastylo.bolasport.com.

“Artinya tidak memerlukan reposisi lagi, tidak perlu ada tindakan apa-apa. Hanya istirahat supaya tulangnya menempel lagi.

“Kalau secara teori tidak boleh (benturan), makanya harus istirahat, kalau dia banyak gerak yang tadinya menempel jadi lama penyembuhannya.

“Prinsipnya, reposisi dan imobilisasi.Sekarang kebetulan pergeserannya hanya minim, posisinya bagus.

“Tinggal dilakukan imobilisasi supaya menempel,” imbuhnya.

Rafi Ghani menyebut jika sebelum cedera, Kim sempat terlibat benturan yang mengenai rusuk bagian kanannya.

Sehari setelah itu, Kim masih dapat melakukan aktivitas seperti biasa hingga dua minggu.

Kim kemudian diperiksa menggunakan MRI setelah ia mengaku merasakan nyeri pada salah satu titik tubuhnya.

“Benturannya di bagian rusuk kanan dan pada saat keesokan harinya masih melakukan aktivitas seperti biasa, kurang lebih satu atau dua minggu,” ucap Rafi.

“Jadi kita periksa si rasa nyeri nya itu tidak satu tempat tapi dengan berjalannya waktu ada satu titik merasakan nyeri kita melakukan MRI.” imbuhnya.

Rafi Ghani pun menyarankan agar Kim berisitirahat selama enam pekan kedepan untuk menjalani proses pemulihan.

Hal itu membuat sang pemain kemungkinan bakal absen dalam dua hingga tiga laga lanjutan Persib di ajang Liga 1 2020. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan