Ketua BURT dan Wakil Fraksi PD DPR RI Agung Budi Santoso Ingin, Tes Covid-19 Prioritaskan Rakyat dan Tenaga Medis

BANDUNG – Ketua Badan Urusan Rumah Tangga Dewan Perwakilan Rakyat (BURT) dan  Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI H. Agung Budi Santoso tidak sependapat dengan kebijakan pemerintah yang ingin melaksanakan Rapit Tes Covid-19 untuk kalangan anggota dewan beserta keluargannya.

Menurutnya, pelaksanaan tes sudah semestinya mendahulukan rakyat dan tenaga medis yang saat ini tengah berjuang siang dan malam untuk menangani pasien Covid-19.

Sebagai Wakil Rakyat dari Dapil Jawa Barat I dan Ketua BURT DPR RI Periode 2019-2024, Dia meminta kepada Sekjen DPR RI untuk meninjau kembali sekaligus membatalkan kebijakan terhadap Tes Covid-19 bagi anggota DPR dan Keluarganya.

’’Pada dasarnya kami mengapresiasi kebijakan dan keberpihakan itu namun yang paling urgent adalah tenaga medis dan rakyat lebih membutuhkan,’’jelas Agung dalam keterangan rilisnya kepada Jabar Ekspres, Senin, (23/3).

Dia menilai, di tengah kondisi seperti sekarang ini, seyogyanya lebih memprioritaskan kepada mereka yang tengah berjuang di garda terdepan untuk rakyat dan para tenaga medis, tenaga bantu lainnya yang siang malam ada di lapangan.

’’Setiap anggota DPR harus mengutamakan rakyat, harus hadir bersama rakyat, dan memprioritaskan kebutuhan tenaga medis dan mereka yang terpapar langsung dalam menangani virus korona,’’kata dia.

Dia mengatakan, tes covid-19 bisa saja dilakukan bagi anggota dewan jika secara individu ada indikasi terpapar virus korona dengan latar belakang telah berpergian keluar negeri Negara terjangkit.

’’Itu bisa berkonsultasikepada dokter dan merujuk rumah sakit secara mandiri sebagaimana masyarakat umumnya, sementara anggota yang ingin test Covid 19 bisa mengikuti prosedur biasa dengan biaya sendiri,’’pungkas Agung.

Sebelumnnya diberitakan, seluruh anggota DPR RI akan menjalani tes virus Corona pekan ini. Anggota keluarga beserta pekerja di rumah anggota Dewan juga akan menjalani tes tersebut.

“Jumlah anggota Dewan 575. Kalau kali 4 saja rata-rata sekitar di atas 2.000 keseluruhan, dengan pembantu dan driver barangkali,” kata Sekjen DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Senin (23/3).

Tes akan dilakukan di aula kompleks rumah dinas anggota DPR di Kalibata dan Ulujami, Jakarta Selatan, dan akan dilakukan secara bergantian. Tes tersebut rencananya akan dilakukan pekan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan