Keren Nih! Polsek Cisarua Tanam Sayuran dan Budidaya Lele, Hasilnya Dibagikan ke Warga

CISARUA – Warga Kampung Cibadak, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, antusias memanen sayuran dan ikan yang ada di lingkungan Mapolsek Cisarua.

Hasil kebun dan ternak lele dari kolam di Polsek Cisarua sendiri merupakan program ketahanan pangan yang digalakan pihak kepolisian bagi warga setempat yang membutuhkan.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki beserta jajarannya turut hadir dalam panen sayuran dan ikan lele bersama warga tersebut.

“Akibat pandemi ini banyak masyarakat yang kehidupannya terdampak karena tidak bisa bekerja dan kehilangan penghasilan. Sehingga menjadi tugas polisi sebagai pengayom masyarakat untuk bisa berkontribusi membantu sesama yang membutuhkan,” ujar Yoris saat ditemui, Minggu (7/6).

Sayuran yang ditanam seperti selada dan brokoli merupakan hasil ketekunan anggota Polsek Cisarua. Termasuk juga budidaya kolam ikan lele yang dilakukan cukup berhasil, karena hasilnya yang bisa dipanen besar-besar.

“Ini menjadi bukti bahwa banyak anggota polisi yang memiliki kemampuan bertani dan beternak ikan. Sehingga bisa menjadi salah satu potensi dalam mendukung program ketahanan pangan,” bebernya.

Program menanam ini akan dibuat rutin di setiap polsek dengan memanfaatkan halaman. Sebulan sekali diharapkan bisa dipanen sehingga hasilnya bisa dibagikan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Kita coba nanti terapkan di setiap polsek, dan Polsek Cisarua yang jadi percontohan apalagi halamannya luas dan memang lingkungannya juga cocok,” terangnya.

Rohim (39) salah seorang warga Kampung Cibadak, mengungkapkan kesempatan langka bisa memanen sayuran di markas polisi bersama dengan aparat penegak hukum. Menurutnya hasil panen yang diterima warga menjadi bekal setiap keluarga untuk beberapa hari ke depan.

“Meskipun banyak warga kami yang berprofesi sebagai petani dan terbiasa memanen sayuran, tapi suasana yang dirasakan kali ini sangat berbeda. Jadi seperti tidak ada jarak antara aparat dan warga karena semua membaur,” katanya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan