Keren Nih! Kecamatan Gedebage Gerakan Warga untuk Program Sangu Bancakan

BANDUNG – Untuk membantu warga yang terkena dampak ekonomi akibat Pandemi Covid-19, Kecamatan Gede Bage Bandung beserta jajaran menginisiasi program Sangu Bancakan untuk Urang Bandung (Sabandung)

Program tersebut diapresiasi dari Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Sebab, Sabandung memiliki semangat gotong royong antar warga untuk saling berbagi di tengah pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah dengan semangat gotong royong masyarakat yang sangat luar biasa hampir setiap hari ada program Sabandung,” katanya usai mengunjungi Dapur Umum Sabandung Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gede Bage, Kota Bandung, Jumat (19/06).

Menurutnya, memberikan makanan kepada warga yang membutuhkan atau terkena dampak pandemi Covid-19. Sarat dengan nilai kemanusian. Sehingga, program Sabandung bisa terus berlanjut.

Sementara itu, Camat Gede Bage, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, warga terus menggerakan program Sabandung dengan segala sumber daya yang ada.

“Setelah diinisiasi oleh Ibu Wali Kota, warga terus bergerak (dalam program Sabandung). Sumber dayanya dari PIPPK (Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan) dan juga dari swadaya masyarakat,” katanya.

Menurut Dodit, pihaknya mengombinasikan Sabandung dengan lumbung-lumbung di tiap RW. Lumbung tersebut berfungsi mengumpulkan hasil swadaya masyarakat di RW-nya masing-masing.

“Setelah terkumpul lalu dimasak. Bahannya itu dari Lumbung tersebut. Makanan Sabandung untuk warga yang paling terdampak, bisa saja hari ini si A, Jumat depan si B, bisa berbeda-beda,” ucapnya.

Selain itu, Dodit mengaku juga membuat suatu pola dengan mengajak masyarakat dalam Sabandung.

“Percontohan itu kita angkat, biasanya kebaikan akan menular dari satu tempat ke temlat yang lain. Pembuatan Lumbung pun juga, jika di satu RW sudah terpenuhi baru disebarkan ke tempat yang lain,” katanya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan