Kerahkan Potensi Warga, Lurah Campaka Instruksikan Jangan Kendor Terapkan Prokes

BANDUNG – Kelurahan Cempaka memiliki cara tersendiri untuk mengikis habis kasus covid-19 yang sudah berlangsung sejak delapan bulan terkahir. Bahkan, berbagai unsur masyarakat turut berperan aktif guna menekan penyebaran kasus  covid-19.

Lurah Cempaka Asep Aceng mengatakan, selain membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap RW, ribuan sembako hasil kerjasama warga Kelurahan Cempaka juga turut dibagikan kepada yang terdampak covid-19.

“Membentuk satgas Covid-19 di setiap RW. Kaitan dengan (dampak) ekonomi, RW 07 sudah membagikan kurang lebih 1.500 paket sembako selama Covid-19. Sembako ini bukan dari pemerintah, cuma untuk menutupi kekurangan dari pemerintah. Ini dilakukan dengan cara subsidi silang yang kaya membantu yang kurang,” ujarnya dalam siaran YouTube Jabar Ekspres, Minggu (22/11).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Asep, kelurahan yang terdiri dari tujuh RW dan 38 RT ini berisi hampir 20 ribu jiwa. Sementara terdapat 900 jiwa di setiap RW yang turut merasakan dampak ekonomi di setiap RWnya.

“Ada 7 RW 38 RT, kurang lebih 19.700 jiwa. Rata-rata 900 jiwa per-RW, dampak ekonomi kurang lebih ada 30 persen. Yang ini pertama mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, kota. Yang sisanya kita upaya kolaborasi dengan para pengusaha yang ada di sekitar,” ungkapnya.

Asep menuturkan, adanya pandemi covid-19 harus menjadi pelajaran oleh masyaratak. Tak hanya itu, pandemi ini juga menutut masyarakat untuk berinovasi agar roda ekonomi terus berjalan.

“Sebetulnya dengan adanya Covid-19 diambil hikmahnya pembelajaran, ada yang dampak covid-19 ini akhirnya masyarakat berinovasi. Ada (warga)  yang jualan online,” tuturnya.

Asep menambahkan, penanganan covid-19 ini juga merupakan bantuan semua pihak, berkat kebersamaan. “Tidak bisa dilakukan oleh orang perorang. Karena yang kena satu, dampaknya untuk semua orang. Untuk melaksanakan 3M saja, masker sendiri warga masyarakat terbatas, kita juga membagikan masker-masker yang juga dari bantuan. Makanya kita melakukan subsidi silang,” tambahnya.

Menurut Asep, Kelurahan Cempaka sata ini termasuk zona biru. Namun, meningkatkan kebahagiaan warganya di tengah pandemi covid-19 juga menjadi kesulitan.

Oleh karena itu, terdapat upaya-upaya lain untuk mengatasai hal tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan