Kepadatan Penduduk  Sangat Rentan Penyebaran COVID-19

BANDUNG – Mobilitas Tinggi dan tingkat kepadatan penduduk menjadi situasi paling rentan penyebaran virus korona di Kota Bandung dan kota-kata besar lainnya di Indonesia.

Seperti yang dilansir Katadata.co.id, berdasarkan hasil riset Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan indeks kerentanan provinsi terhadap resiko karakteristik daerah, seperti kepadatan penduduk, kualitas udara dan akses terhadap hunian yang layak.

Kedua, risiko terkait dengan kondisi kesehatan penduduk, seperti jumlah penduduk yang merokok, jumlah warga lanjut usia dan warga yang tidak mempunyai jaminan kesehatan.

Ketiga, risiko terkait dengan mobilitas penduduk. Dari pengukuran, terlihat bahwa DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat merupakan provinsi yang paling rentan terhadap virus corona.

Ketiga provinsi ini menanggung risiko dari mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat dan kualitas udara yang buruk.

“Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19 ,” kata Mulya Amri seperti yang dilansir Katadata.co.id.

DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan, karena berada dalam kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Kawasan ini menampung lebih 10% jumlah penduduk Indonesia, dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per kilometer persegi.

Tiga provinsi tersebut memiliki indeks kerentanan tertinggi, yakni DKI Jakarta (47,05 poin), Banten (45,54 poin), dan Jawa Barat (43,59 poin).

Mulya mengatakan, indeks kerentanan ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan, untuk menekan penyebaran virus corona di tengah masyarakat. (Katadata.co.id/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan