Kemenangan Francesco Bagnaia Melayang Tragis

JAKARTA – MotoGP musim 2020 menjadi balapan yang sulit diprediksi. Minggu, (20/9) malam misalnya, jagoan Pramac Ducati Francesco Bagnaia sebenarnya berkesempatan memenangi balapan pertamanya di kelas premier. Namun, kecelakaan pada lap ke-21 di Sirkuit Misano, Italia, membuyarkan asa pembalap Italia tersebut.

Padahal, saat itu dia leading 1,1 detik atas pembalap Monster Yamaha Maverick Vinales. Dengan tujuh lap tersisa, Vinales memegang kendali dan berhasil mempertahankan posisi terdepan. Karena itulah, pria asal Spanyol tersebut menjadi rider keenam yang berhasil memenangi balapan musim ini. ”Kami melakukan pekerjaan luar biasa sepanjang akhir pekan ini. Kami menyiapkan semuanya dengan sangat bagus,” kata rekan setim Valentino Rossi tersebut.

Dia tidak memungkiri bahwa Pecco –sapaan karib Bagnaia– tampil luar biasa bersama motor Ducati-nya. Namun, keberuntungan masih berpihak kepada Vinales setelah Pecco terjatuh dan gagal finis. Sebuah nasib yang tragis. Padahal kalau menang, itu adalah kemenangan pertama dalam karir Bagnaia di MotoGP. ”Saya merasa sangat kuat dan saya kira saya bisa menang, sebab saya mengontrol gap dengan Maverick,” kata Bagnaia.

”Saya merasa melindas sesuatu. Seperti bekas ban atau pasir. Padahal saya merasa semuanya sama sejak awal. Ban, rem, cara saya membalap, tetaapi agaknya saya melindas sesuatu. Saya bisa katakan saya mengalami nasib buruk,” imbuhnya.

”Walau saya crash, secara keseluruhan saya merasa bahagia. Ducati memiliki mesin yang powerful. Saya merasa kami memiliki banyak sekali potensi. Performa kami meningkat dan semakin kuat,” tegasnya.

Di belakang Vinales, pertarungan antara jagoan Petronas Yamaha Fabio Quartararo, Joan Mir (Suzuki Ecstar), dan Pol Espargaro (KTM) memberikan sajian menegangkan pada lap terakhir. Namun, Quartararo yang sedang mencari jalan kembali ke podium akhirnya dijatuhi penalti long lap karena sering melakukan track limit (keluar dari lintasan).

Mir pun berhasil mengamankan posisi kedua dengan jarak 2,425 detik di belakang Vinales. Disusul Espargaro yang menggamit podium ketiga. ”Kami tidak pernah menyerah. Situasi seperti ini terjadi. Hari ini (kemarin, Red) kami mendapatkan keberuntungan,” ucap Espargaro.

Hasil itu membuat all Spanish rider tercipta di podium kemenangan GP Emilia-Romagna tadi malam. Quartararo harus puas dengan posisi keempat. Tiga pembalap Spanyol yakni Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) menguasi podium GP Emilia Romagna. (Andreas Solaro/AFP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan