Kembali Percaya

Pemkot Surabaya sudah bisa teriak: kami akan punya lab Covid-19 sendiri. Kami tidak menyerah. Kami akan keluar dari zona merah ini.  Kalau kapasitas swab test di laboratorium milik sendiri itu sudah bisa ditingkatkan menjadi 4.000 sehari, siapa yang harus diprioritaskan untuk dites?

Tentu, keluarga dan teman dekat pasien yang sekarang dirawat karena Covid-19. Setelah itu para karyawan restoran, supermarket, minimarket, pemilik dan penjaga warung-warung, pedagang-pedang di pasar dan pegawai kantor-kantor yang bisnis mereka tetap jalan.

Tujuannya: agar ekonomi tetap bisa jalan. PHK bisa dicegah. Jangan ditafsirkan mereka sebagai sasaran korban. Misalnya sudah ada yang menghembuskan isu: test Covid-19 itu tes kematian. Mereka pun lari dari kewajiban tes.

Kalau saja dua bulan lalu ada lab di Surabaya yang bisa mengerjakan 4.000 tes sehari, sekarang sudah lebih tenang. Tapi untuk apa disesali? Lebih baik move on kan?

Katakanlah seminggu lagi laboratorium baru milik Pemkot Surabaya sendiri itu mulai berfungsi. Kapasitas tes mulai meningkat. Dalam dua hari seluruh keluarga dan teman pasien sudah berhasil dites.

Maka dalam satu bulan ke depan peta jalan mengendalikan Covid-19 di Surabaya sudah terlihat. Kalau peta jalannya sudah ada maka rute penyelesaiannya menjadi jelas. Dan terarah. Tidak lagi serba gamang. Seperti melihat peta buta.

Memang masih ada satu pertanyaan mendasar lagi: bagi yang hasil testnya positif bagaimana?

Anda sudah tahu jawabnya. Sudah hafal: karantina 14 hari.

Karantina di mana?

Jangan panik: di rumah sendiri saja.

Hanya bagi yang di rumah itu banyak penghuni lainnya sebaiknya mencari tempat karantina lain. Agar tidak menularkan Covid-19 ke seisi rumah. Tempat karantina lain itu bisa macam-macam. Bagi orang mampu bisa pindah ke hotel. Itulah perlunya ada hotel khusus dengan menjalankan protokol Covid-19.

Di Surabaya, sudah ada hotel yang seperti itu: Hotel Harris dan Hotel Pop di Gubeng. Atau, bagi yang rumahnya besar, pilihlah satu kamar untuk karantina. Misalnya kamar yang menghadap ke taman. Agar tidak bosan. Juga agar tiap hari bisa berjemur di taman itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan