Kawasan Bandung Raya Miliki 662 Gunung, GI dan Komunitas Jelajah Lakukan Pendataan

KBB – Lembaga Swadaya Bidang Penelitian dan Pengembangan Pengetahuan Gunung Institut (GI), menggandeng Komunitas Urang Bandung Barat (UBBAR) melakukan validasi pegunungan di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ketua Divisi Seeking dan Riset GI, Pepep, menerangkan, berdasarkan analisis awal salah satunya merujuk peta Belanda, Bandung Raya memiliki 662 gunung.

Bandung Raya meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi dan KBB, 60% diantaranya berdiri di wilayah administratif KBB.

“Dari penelitian sejak 2014, kami menilai tidak bisa melakukan sendiri. Atas dasar itu kami melakukan program swadaya kolaborasi dengan komunitas UBBAR, melakukan pendataan gunung di Bandung Barat,” terang Pepep saat dihubungi.

Menurutnya, pendataan dimulai dengan perekrutan dan  pembekalan bagi relawan pencari atau biasa disebut Seeker. Pada semester pertama mereka dibekali wawasan metode pendataan dan kajian, baru pada semester berikutnya melakukan pengamatan langsung mendata gunung.

“Saat ini sudah ada 20 seekers yang secara swadaya berkomitmen mengikuti program ini, mereka yang konsisten akan disebar melakukan penelitian dan pendataan gunung di KBB,”sebutnya.

Dari data penelitian Seeker ini, lanjut Pepep, GI mengumpulkannya dalam database untuk kemudian menjadi matrik profil Fisik, Budaya, Sejarah dan Foxlor. Harapannya database ini menjadi rujukan dalam pembangunan berkelanjutan daerah penelitian tersebut.

“Bandung Barat ini punya 420 gunung, itu bisa lebih bisa saja kurang, butuh waktu dan biaya tidak sedikit untuk suksesnya program ini. Namun kami meyakini jika upaya ini bagian dari menjaga kelestarian alam, kearifan lokal dan rujukan pembangunan berkelanjutan,” bebernya.

Terpisah, Ketua Komunitas UBBAR Ruddy Praja mengatakan, saat ini sudah ada 22 orang calon relawan Seekers Bandung Barat. Mereka berasal dari berbagai wilayah yang ada di KBB dan berkomitmen untuk siap bergerak mendata gunung-gunung di KBB.

“Mereka secara swadaya mau menjadi Seeker, hal ini didasari karena kecintaan mereka pada Bandung Barat,” katanya. (mg6/yan)

Tinggalkan Balasan