Kasus Positif Covid-19 ASN Bandung Bertambah

BANDUNG – Dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kecamatan Cicendo, Kota Bandung dinyatakan terpapar virus corona atau Covid-19. Berdasarkan hasil uji usap yang dilakukan tim Gugus Tugas Kota Bandung, mereka dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, kedua ASN tersebut telah melakukan isolasi secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan kedua ASN tersebut bertugas di Kecamatan Cicendo. Penemuan kasus Covid-19 di Kecamatan Cicendo diketahui usai dilakukan tes masif uji usap.

”Di Kecamatan Cicendo ada dua orang, penemuan kasus Covid-19 di Kecamatan Cicendo dilakukan tes masif uji usap,” ujar Rita kepada wartawan, Jumat (4/9).

Lebih lanjut Rita mengatakan, pihaknya telah melakukan uji usap secara bertahap kepada 33 dinas di Kota Bandung dan kewilayahan sejak tanggal 27 Agustus hingga 8 September mendatang. Menurutnya, tiap dinas minimal melakukan uji usap kepada 50 orang pegawai.

”Kurang lebih sekitar 1.500 yang sudah dites, hasilnya belum keluar baru dinsos 12 orang (positif Covid-19). Katanya, dua orang lainnya yang merupakan petugas kecamatan Cicendo positif covid-19,” ungkapnya.

”Yang positif covid-19 diberikan pilihan isolasi mandiri atau di isolasi di RSKIA. Sebagian ada di RSKIA, sebagian lagi di mandiri,” imbuh Rita.

Berdasarkan penuturan Rita, tren penyebaran Covid-19 di Kota Bandung mengalami peningkatan karena tes masif uji usap di kewilayahan dan dinas. Menurutnya, saat ini jumlah positif aktif sudah mencapai 125 orang sedangkan yang meninggal sebanyak 49 orang.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan Kantor Kecamatan Cicendo untuk sementara waktu ditutup untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan penyelidikan epidemologi oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung.

”Kantor Kecamatan Cicendo sementara waktu ditutup untuk dilakukan penyemprotan disinfektan dan penyelidikan epidemologi oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 12 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung dinyatakan Positif Covid-19 setelah sebelumnya swab tes di lingkungan perkantoran wilayah Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan hasil swab test merupakan test masif terhadap 3 ribu ASN di Kota Bandung. Sekitar 328 orang ASN diantaranya telah diketahui hasilnya, yakni 12 orang dinyatakan positif covid-19 dan sisanya negatif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan