Kabid UMKM Klaim Tak Bentuk Tandingan Asosiasi

SUMEDANG – Kepala Bidang UM­KM Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindu­strian dan Perdagangan (Dis­koperindag) Sumedang Idik Jaya Permana membantah tidak melibatkan Asosiasi UMKM dalam pendataan penerima Bantuan Tunai Langsung (BLT).

Dia mengatakan, sebenar­nya ada beberapa orang yang tergabung dalam Asosiasi UMKM, turut membantu memasilitasi para pemohon untuk mengajukan BLT. Ba­hkan, Ketua Asosasi UMKM Titus, diklaim sudah menge­tahui terkait adanya BLT tersebut.

”Saya kan, sebagai ASN dan bukan alat politik. Jadi siapa­pun yang mau membantu kami, tentu kami akan meny­ambut baik,” ujarnya.

Idik memastikan, kalau Dis­koperindag tidak membentuk forum ataupun asosiasi lain­nya dalam upaya penjaringan para penerima bantuan. Ada­pun Forum UMKM bukan merupakan bentukan dari Diskoperindag Sumedang. Melainkan beberapa orang yang berniat membantu dan membentuk forum dengan sendirinya.

Pihaknya, kata dia, tentunya tahu aturan, dan tidak mun­gkin mengeluarkan SK bagi forum tersebut, karena tahu sudah ada Asosiasi UMKM.

”Jadi adanya forum atau kelompok yang sekarang ter­bentuk, merupakan murni inisiatif dari para pelaku UMKM. Dan alasan dibentuk kelompok tersebut, saya juga tidak tahu dan tidak mau ter­lalu jauh, yang jelas itu ben­tukan mereka sendiri. Dan kami dari Dinas juga mene­gaskan kepada mereka, agar jangan sampai menjanjikan sesuatu kepada masyarakat yang mengajukan permoho­nan BLT,” tuturnya.

Idik juga menyampaikan, mengantisipasi adanya pela­ku UMKM dadakan, yang hanya ingin mendapatkan BLT Rp 2,4 juta semata. Tentunya nanti akan ada tim dari Dis­koperindag yang akan terjun langsung ke lapangan untuk memverifikasi calon pene­rima.

Kemudian terkait kuota penerima BLT di Kabupaten Sumedang, Idik mengatakan, semua Kabupaten/Kota tidak ditentukan kuota para pene­rima. Dan hanya diberitahu­kan saja adanya bantuan ini.

”Untuk Sumedang tidak ada kuota penerima, dan saya kira juga semuanya daerah tidak ada kuota penerimanya. Dan untuk penutupan penja­ringan calon penerima BLT, rencananya mulai besok (hari ini, red) kita akan menutup permohonan. Pa­salnya, hingga saat ini masih banyak berkas pemohon yang belum terekap semua oleh kami. Jadi untuk keleluasaan merekap berkas persyaratan para pelaku usaha yang sudah mendaftarkan,” pungkasnya. (atp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan