Jelang Ramadan, Kebutuhan Pokok Masyarakat Dipastikan Aman

NGAMPRAH – Stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang ramadan pada akhir April mendatang di pasar tradisional maupun modern wilayah Kabupaten Bandung Barat dipastikan aman.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB, Ricky Riyadi mengatakan, hal tersebut karena pihaknya sudah melakukan pengecekan ke sejumlah distributor meski saat ini terjadi pandemi virus Corona.

“Kami sudah melakukan pengecekan ke lapangan dan hasilnya stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang ramadan ini, Insya Allah akan mencukupi hingga lebaran,” ujar Ricky saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (8/4).

Sementara terkait harga, pada ramadan tahun ini diprediksi tidak akan terjadi lonjakan harga yang sangat signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Melihat kondisi saat ini dimana ada pandemi Covid-19 kenaikan harga pasti ada, tapi pasti rendah dan sangat wajar,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok tersebut agar tidak terjadi penimbunan serta tidak terjadi lonjakan harga yang tidak wajar.

Dalam hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) pangan Polres Cimahi untuk melalukan pemantauan ke setiap pasar tradisional, sehingga jika ada pedagang yang membandel bisa dilakukan penindakan.

“Terkait harga dan stok kebutuhan pokok menjelang ramadan memang harus terus dipantau, sebagai antisipasi adanya penimbunan dan lonjakan harga tidak wajar,” bebernya.

Sebelumnya, untuk memudahkan masyarakat dalam belanja ditengah pandemi Covid-19, Disperindag KBB membuat kebijakan baru dengan membuka 8 pasar online.

Nantinya, pembeli tinggal menghubungi nomor pedagang atau koordinator, kemudian kebutuhan akan diantar via ojek online atau ojek pangkalan yang dikerjasamakan.

“Teknisnya pembeli tinggal menghubungi pedagang di pasar apa saja yang akan dibeli, melalui nomor koordinator pasar yang sudah kita tunjuk,” jelasnya.

Delapan pasar tradisional yang sudah menerapkan transaksi online itu, yakni Pasar Sindangkerta, Pasar Panorama Lembang, Pasar Rajamandala, Pasar Cililin, Pasar Curug Agung, Pasar Cisarua, Pasar Batujajar, dan Pasar Tagog Padalarang. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan