Jelang Pilkada, Kapolres Bandung Ingin Semua Partai ciptakan Suasana Kondusif

SOREANG – Untuk menjaga kondusifitas jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Kapolres Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengunjungi Sekretariat partai-partai peserta pemilu di Kabupaten Bandung.

Pada jkesempatan itu, Kapolresta bersama jajaran mendatangi kantor sekretariat DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung di Jalan Citaliktik, Kec. Soreang, Senin (24/8).

Hendra mengatakan, kunjungan ke sekretariat DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung adalah bentuk silaturahmi. Sekaligus memastikan kesiapan dan kebutuhan pengamanan untuk Partai Golkar.

’’Kami juga memastikan apabila Partai Golkar memerlukan kehadiran pihak kepolisian untuk pengamanan fisik bangunan ataupun untuk pengamanan partai,” ungkap Hendra saat di konfirmasi, Senin (24/8).

Dia menuturkan, salah satu tantangan terberat bagi kepolisian dalam menghadapi Pilkada serentak adalah menciptakan suasana kondusif dan menjamin kelancaran pelaksanaan tahapan pemilu. Terlebih dalam pelaksanaan pemilu di masa Pandemi sedikit berbeda. Sebab, harus mengedepankan protokol kesehatan.

Selain itu, lanjut Hendra, untuk personil yang akan diturunkan pada saat pengamanan pilkada jumlahnya akan tergantung pada situasionalnya, yang penting jumlahnya proporsional antara yang diamankan dan yang mengamankan.

’’Jadi dalam pertemuan singkat tersebut, pihak Polresta meminta masukan-masukan kepada jajaran pengurus Partai Golkar terkait hal apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh Partai Golkar dalam pilkada ini,’’kata dia.

’’Tadi ada masukan terkait kampanye, pemasangan baligho, dan juga rencana aksi damai yang akan mereka gelar, ini sengaja kita komunikasikan agar pilkada ini bisa berjalan aman, lancar, dan damai,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua l DPD Partai Golkar Kabupaten Bandung, Cecep Suhendar mengatakan,sangat mengapresiasi gerakan yang dilakukan Kapolresta Bandung dengan mendatangi sekretariat partai politik peserta Pilkada.

’’Ini sebagai upaya pencegahan dini akan konflik yang mungkin saja terjadi jelang pilkada ini. kunjungan ini sebagai bentuk deteksi dini, karena kemanunggalan TNI/Polri dengan rakyat ini harus dipertahankan, apalagi di Kabupaten Bandung saat ini merupakan tahun politik dimana akan dilaksanakan pesta demokrasi besar untuk memilih bupati dan wakilnya,” kata Cecep.

Sebagai peserta pilkada, Partai Golkar siap mendukung ‘damai’ sesuai apa yamg diarahkan oleh Kapolresta dan juga kami siap menaati peraturan yang dibuat oleh penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu). (yul/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan