Jelang Perhelatan Piala AFC, Timnas U-19 Siap Hadapi Jagoan Eropa

JAKARTA – Tim Nasional Indonesia U-19 akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia pada akhir Agustus ini. TC di Kroasia sebagai persiapan Garuda Muda mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang berlangsung pada 14 hingga 31 Oktober dan tentunya Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa selama di Kroasia, timnas U-19 juga akan mengikuti sebuah turnamen yang diikuti empat negara dan uji coba lainnya. ”Kami sudah mendapatkan info dari federasi sepak bola Kroasia (HSN) bahwa timnas U-19 akan melawan Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi. Tentu ini lawan-lawan yang bagus dan kuat bagi timnas U-19. Mereka akan berlaga di International U-19 Friendly Tournament yang berlangsung pada 2-8 September,” kata Iriawan.

Selain Kroasia, Indonesia juga mendapat tantangan dari lawan berat Eropa seperti Bulgaria. Negara yang juga pabrik legenda sepakbola dekade 70-an itu masih menjadi kuda hitam dalam percaturan kejuaraan sepakbola usia muda. Catatan gemilang Timnas Bulgaria U-20 adalah menjadi semifinalis pada Euro U-21 1972 dan 1978.

”TC di Kroasia ini, kami harap dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20 nantinya,” jelasnya.

Pada ajang Piala AFC U-19 2020, Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Pertandingan perdana timnas U-19 akan melawan Kamboja pada 14 Oktober. ”Apalagi di Kroasia, timnas U-19 tidak perlu melakukan karantina dan suhu tidak terlalu berbeda dengan Uzbekistan,” tuturnya.

Selanjutnya melawan Iran 17 Oktober dan menantang tuan rumah Uzbekistan pada 20 Oktober mendatang. Pada tahun 2021 mendatang skuat Garuda Muda ini akan mengikuti turnamen bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia.

Tim Nasional Indonesia U-19 kembali menjalani latihan pada Kamis (20/8/2020) setelah mendapat libur selama empat hari. Pada latihan ini seluruh pemain tampak bersemangat dan menikmati materi latihan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong. Pemusatan latihan (TC) yang dimulai sejak 23 Juli ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan