Jelang Pencoblosan, Bawaslu Perketat Pengawasan

PACET – Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Abdul­lah Dahlan mengatakan, pihaknya mengintruksikan di setiap Kota Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak, untuk memper­ketat pengawasan jelang pencoblosan nanti pada 9 Desember 2020.

“Jadi, kami perintahkan ke semua jajaran Bawaslu di daerah yang melaksana­kan Pilkada serentak, agar lebih waspada lagi dan untuk memperketat pengawasan,” kata Abdullah Dahlan, kema­rin (1/12).

Dahlan mengatakan, Ba­waslu memiliki pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD), Pengawas Kecamatan (Panwascam), dan ke tingkat Kabupaten ada Bawaslu. Sehingga diharap­kan bisa lebih maksimal lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawasan.

“Bawaslu tingkat Kabupat­en itu memiliki ribuan PTPS, selain itu juga ada PKD dan juga Panwascam. Sehingga kita harapkan pengawasan­nya lebih maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, seminggu menjalang H atau dimasa tenang seharusnya tidak ada lagi aktivitas kampanye dari masing-masing paslon.

“Justru malah di masa tenang ini, malah lebih sibuk melaku­kan pengawasan. Karena bisa saja terjadi adanya temuan di lapangan,” paparnya.

Menurutnya, yang paling rawan terjadinya pelanggaran di Pilkada yakni money politic (politik uang).

“Yang paling harus diawasi terjadinya money politic, se­hingga hal ini perlu adanya pengawasan yang sangat ekstra, diantarnya dengan cara berpatroli baik itu secara langsung atau pun melalui Media sosial (medsos),” tan­dasnya.(yis/sri)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan